Advertisement

Fantastis! Nilai Proyek Kawasan Istana Presiden di IKN Tembus Rp6 Triliun

Muhammad Ridwan
Selasa, 12 Juli 2022 - 20:37 WIB
Arief Junianto
Fantastis! Nilai Proyek Kawasan Istana Presiden di IKN Tembus Rp6 Triliun Tangkapan layar - Pelantikan Kepala Otorita IKN Bambang Susantono dan Wakil Kepala IKN Dhony Rahajoe, Kamis (10/3/2022). JIBI - Bisnis/Nancy Junita

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA -- Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah memulai proses tender untuk pembangunan Kawasan Istana Kepresidenan dan perangkatnya dengan total nilai investasi mencapai Rp6 triliun.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono menjelaskan ada tiga komponen yang akan dibangun pada kompleks Istana Kepresiden di Ibu Kota Negara Nusantara (IKN) yang terdiri atas Istana, Kantor Presiden, serta bangunan perangkat presiden.

"Kalau yang istananya saja Rp2 triliun. Ini yang ditenderkan tiga-tiganya, totalnya sekitar Rp6 triliun," ujarnya di Jakarta, Selasa (12/7/2022).

BACA JUGA: Biaya Operasional Tinggi, Ratusan Nelayan di Pati Enggan Melaut

Dilansir dari Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) Kementerian PUPR, untuk tender pembangunan bangunan gedung Istana Negara dan Lapangan Upacara pada Kawasan Istana Kepresidenan di IKN memiliki nilai pagu paket Rp1,5 triliun yang telah diikuti sebanyak 292 peserta. Tender proyek itu ditargetkan akan memasuki tahapan pendatanganan kontrak pada 9 September 2022.

Sementara itu, tender pembangunan bangunan Gedung Kantor Presiden pada Kawasan Istana Kepresidenan di IKN telah mulai ditender sejak 17 Juni 2022 dengan nilai pagu paket Rp1,93 triliun yang akan menyerap anggaran APBN.

Tender proyek ini pun telah diikuti 372 peserta yang juga ditargetkan untuk penandatanganan kontrak pada 9 September 2022.

Selanjutnya, pada 7 Juli 2022 Kementerian PUPR juga telah membuka tender untuk pembangunan Bangunan Gedung Sekretariat Presiden dan Bangunan Pendukung pada Kawasan Istana Kepresidenan di IKN dengan nilai pagu paket Rp1,38 triliun.

BACA JUGA: Pemerintah Sebut Proyek IKN Dimulai Agustus, Lahan Sudah Siap?

Tender proyek ini pun telah diikuti sebanyak 90 peserta yang ditargetkan untuk penandatangann kontrak pada 6 Oktober 2022.

Advertisement

Selain itu, terdapat tender untuk manajemen konstruksi pembangunan Bangunan Gedung Istana Negara dan Lapangan Upacara pada Kawasan Istana Kepresidenan senilai Rp32,83 miliar; manajemen konstruksi pembangunan Bangunan Kantor Presiden pada Kawasan Istana Kepresidenan senilai Rp42,1 miliar; serta manajemen konstruksi pembangunan Bangunan Gedung Sekretariat Presiden dan Bangunan Pendukung pada Kawasan Istana Kepresidenan senilai Rp26,35 miliar.

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Vakum 2 Tahun, Festival Keroncong kembali Digelar di Gunungkidul

Gunungkidul
| Sabtu, 01 Oktober 2022, 04:47 WIB

Advertisement

alt

Hadir Tempat Glamping Baru di Jogja, Arkamaya Sembung Namanya

Wisata
| Jum'at, 30 September 2022, 15:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement