Advertisement

Pembangunan Landasan Pacu Bandara IKN Rampung

Newswire
Rabu, 11 September 2024 - 16:07 WIB
Sunartono
Pembangunan Landasan Pacu Bandara IKN Rampung Kawasan titik nol Nusantara di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur. ANTARA/Bagus Purwa - pri.

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengungkapkan pembangunan landasan pacu atau runway, jalur taxi dan apron bandara di Ibu Kota Nusantara (IKN) sudah selesai.

"Bandara Insya Allah sudah selesai, dan makanya saya mau lihat, karena besok Bapak Presiden RI akan ke sana. Kami dari prasarana runway, taxi, dan apron sudah selesai," ujar Basuki di Jakarta, Rabu.

Advertisement

Mengenai operasional landasan bandara tersebut, Basuki menyampaikan hal itu tergantung pada Menteri Perhubungan terkait laik fungsinya.

"Ini tergantung dengan Menteri Perhubungan karena laik fungsinya dari Kementerian Perhubungan. Menteri Perhubungan sudah menempatkan tim uji laik fungsi di sana," katanya.

Basuki mengatakan landasan pacu bandara IKN tinggal dipasangi lampu-lampu untuk runway. "Saya kira harus ada lampu-lampu dulu, itu yang belum, mudah-mudahan bisa segera," katanya.

Basuki sendiri rencananya bertolak dari Jakarta menuju IKN pada Rabu (11/9) pukul 13.00 WIB.

Kementerian Perhubungan melaksanakan proses kalibrasi terhadap seluruh fasilitas dan peralatan di Bandara Nusantara di Ibu Kota Nusantara (IKN), guna memastikan kesiapan operasional bandara sesuai dengan standar keselamatan penerbangan.

Proses kalibrasi bandara dilakukan untuk memastikan keamanan dan keselamatan penerbangan, serta untuk memastikan pengoperasian peralatan pendukung transportasi udara berjalan dengan benar dan akurat.

Kalibrasi merupakan tahap awal dari serangkaian evaluasi yang dilakukan untuk memastikan keamanan dan keselamatan penerbangan di sebuah bandara. Proses ini mencakup penyetelan dan pengujian terhadap peralatan bantu pendaratan seperti radar dan sistem navigasi.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyebut setelah proses kalibrasi selesai, bandara dapat digunakan untuk kunjungan kerja presiden.

Presiden Jokowi rencananya akan berkantor di IKN mulai 11 September sampai 19 Oktober, dan menggelar Sidang Kabinet Paripurna di Istana Kepresidenan IKN, pekan ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Pemkab Sleman Optimistis Geopark Jogja Masuk Jaringan Geopark Nasional

Sleman
| Selasa, 17 September 2024, 20:57 WIB

Advertisement

alt

Wisata Kampung Belgia di Jember Tawarkan Agrowisata Heritage

Wisata
| Minggu, 15 September 2024, 20:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement