Fantastis! Gamer Mobile Habiskan Rp24 Triliun per Minggu untuk Top Up

Ilustrasi aplikasi mengenai batik, dari edukasi hingga game, di perangkat iOS dan Android. - Antara
21 Agustus 2021 22:47 WIB Akbar Evandio News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – Aktivitas bermain gim yang semakin rutin dan gemar dilakukan masyarakat diyakini menjadi katalis bagi peningkatan layanan top up (isi ulang) gim.

Berdasarkan laporan 2021 Mobile Gaming Tear Down yang dirilis AppAnnie, pengguna Android dan iOS secara global menghabiskan US$1,7 miliar atau sekitar Rp24,4 triliun per minggu untuk membeli item gim.

Adapun, transaksi in-app purchase tersebut merupakan kebiasaan pengguna Android dan iOS secara global sepanjang semester I/2021. Apabila, dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu, angka tersebut meningkat sekitar 24 persen dan 40 persen lebih tinggi jika disandingkan dengan paruh pertama dua tahun lalu (2019).

Laporan tersebut juga menuliskan peningkatan pengeluaran pemain gim tadi juga membuat makin banyak gim mobile dari ponsel pintar yang menyentuh angka pendapatan in-app purchase mencapai US$1 juta sekitar Rp14,3 miliar.

Sepanjang enam bulan pertama pada 2021, ada sekitar 810 gim berbasis ponsel pintar yang menyentuh angka tersebut, meningkat sekitar 6 persen dari periode yang sama tahun lalu dan 25 persen dari periode yang sama dua tahun lalu.

Sementara itu, tiga gim yang sukses menggaet banyak pengguna untuk melakukan in-app purchase adalah Roblox, Genshin Impact, dan Honour of Kings. Adapun, AppAnnie turut memprediksi bahwa pasar gim mobile akan mencetak pendapatan US$120 miliar sekitar Rp 1.723 triliun pada 2021.

Hal tersebut mengartikan adanya peningkatan yang akan mencapai 19 persen dibanding pasar gim mobile pada 2020, atau 40 persen apabila dibandingkan dengan tahun 2019.

Pemilik usaha top up gim ewshopz, Erick Wilson pun mengamini sejak beberapa tahun terakhir dunia gim makin ramai. Hal tersebut berimbas pada makin dibutuhkannya layanan isi ulang bermain gim.

Menurutnya, para pemain gim mobile semakin rela menghabiskan uang mereka untuk membeli barang di dalam game (in-game item) favoritnya.

"Untuk memberikan kemudahan bagi para gamers, ewshopz hadir dengan layanan yang memungkinkan bertransaksi melalui berbagai platform keuangan," tuturnya lewat rilisnya, Sabtu (21/8/2021).

Selanjutnya, dia mengatakan untuk mendukung pertumbuhan sektor e-sport, ewshopz memberi tawaran promo dan paket harga yang terjangkau. Selain memang ewshopz juga berpartisipasi dan menginisiasi event bagi pengemar e-sport.

"Untuk mendukung e-sport dan mengapresiasi pelanggan, kita tawarkan paket terjangkau dan kita juga adakan event untuk memfasilitasi pencinta games e-sport. Semoga banyak talent muda bermunculan," katanya.

Sumber : bisnis.com