Advertisement

Larang Masyarakat Mudik, Pemerintah Justru Beri Karpet Merah untuk Puluhan WNA China Datang ke Indonesia

Newswire
Jum'at, 07 Mei 2021 - 07:37 WIB
Sunartono
Larang Masyarakat Mudik, Pemerintah Justru Beri Karpet Merah untuk Puluhan WNA China Datang ke Indonesia Tangkapan layar video sekelompok WNA China yang masuk ke Indonesia melalui Bandara Soetta, Jakarta, viral di TikTok. - @TikTok.

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Pemerintah dinilai tidak konsisten dalam mencegah mobilitas masyarakat di area Indonesia untuk mencegah penyebaran Covid-19. Di tengah penerapan kebijakan larangan mudik yang diterapkan untuk warganya, Pemerintah Indonesia justru membuka lebar seolah memberikan karpet merah kepada puluhan warga negara asing (WNA) China bisa masuk ke Indonesia. Video kedatangan WNA China ini melalui Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) pada Selasa (4/5/2021) viral di media sosial. 

Kabag Humas dan Umum Direktorat Jenderal (Ditjen) Imigrasi Kemenkumham Arya Pradhana Anggakara mengakui ada 85 warga negara China yang datang ke Indonesia pada Selasa (4/5/2021) pukul 14.55 WIB lewat Bandara Soetta. 

Advertisement

BACA JUGA : Ratusan Warga China Diizinkan Masuk Meski Ada Larangan 

Mereka datang dengan menggunakan pesawat China Southern Airlines (Charter Flight). Kendati demikian, Arya tak menjelaskan ihwal tujuan kedatangan puluhan warga negara China itu.

"Benar, pada Selasa 4 Mei 2021, jam 14.55 WIB telah mendarat 85 WNA Cina dan 3 WNI dengan pesawat China Southern Airlines (charter flight) dengan nomor penerbangan CZ8353 dari Shenzhen di Terminal 3 Kedatangan Internasional Bandara Soekarno-Hatta," ucap Arya di Jakarta, Kamis (6/5/2021.

Arya menjelaskan, Ditjen Imigrasi telah melakukan pemeriksaan soal status keimigrasian puluhan warga negara China tersebut. Tak hanya itu, kata Arya, puluhan warga negara China itu juga telah dilakukan pemeriksaan kesehatan sesuai dengan aturan atau protokol yang berlaku. 

"Sebelum dilakukan pemeriksaan keimigrasian, para penumpang telah melalui pemeriksaan kesehatan sesuai protokol kedatangan orang dari luar negeri oleh pihak KKP Kemenkes. Secara keimigrasian, diketahui bahwa visa dan dokumen keimigrasian mereka sudah sesuai dengan Permenkumham Nomor 26 Tahun 2020," ujarnya.

BACA JUGA : Larangan Mudik Mulai Berlaku, Pemudik yang Nekat Masuk

Sebelumnya, video yang menampilkan puluhan warga negara China tiba di Bandara Soetta viral di media sosial (medsos). Dalam video tersebut, rombongan warga negara China langsung dijemput menggunakan bus. Kedatangan warga negara China itu kemudian menjadi polemik.

Hal itu disebabkan karena kedatangan puluhan warga negara China berbanding terbalik dengan kebijakan pemerintah dalam beberapa hari belakangan. Di mana, pemerintah melarang warganya mudik dalam rangka menekan penyebaran virus Covid-19.

Artikel ini telah tayang di Inews.id dengan judul Mudik Dilarang tetapi WN China Boleh Masuk ke Indonesia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : inews.id

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Cara Membeli Tiket KA Bandara Jogja via Online

Jogja
| Jum'at, 26 April 2024, 00:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement