Satgas Covid-19 Tegaskan Belum Ada Ahli yang Jamin Pandemi Akan Berakhir

Virus corona ketika dicek dengan mikroskop - harvard.edu
28 Januari 2021 21:37 WIB Rayful Mudassir News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan bahwa belum ada ahli yang berani menjamin pandemi Covid-19 akan menghilang sepenuhnya di Indonesia maupun dunia.

“Sampai saat ini belum ada ahli yang mampu menjamin virus ini dapat hilang seutuhnya dari Indonesia dan secara global bahkan setelah kekebalan komunitas tercapai,” katanya saat memberikan keterangan resmi, Kamis (28/1/2021).

BACA JUGA: Bocah Kemudikan Mobil di Bantul, Tabrak 6 Pemotor, 1 Tewas

Selain itu, belum ada ahli yang tahu seberapa lama kekebalan vaksinasi bisa bertahan pada gempuran infeksi Covid-19. Wiku mencontohkan seperti penderita tetanus yang tetap mengalami kondisi serupa meski telah disuntik vaksin.

Kendati demikian dia mengajak masyarakat tetap optimis. Dia menuturkan bahwa semakin banyak masyarakat yang divaksin maka risiko penularannya akan semakin kecil.

“Dan kita semua dapat hidup produkti dengan pelonggaran bertahap selama laju penularannya dapat terkendali dengan baik,” ujarnya.

Wiku menyebutkan bahwa kolaborasi pemerintah dan masyarakat sangat dibutuhkan untuk memastikan keberhasilan kekebalan komunitas atau herd immunity melalui vaksinasi.

Pemerintah lanjutnya sangat memerlukan bantuan masyarakat dengan usaha disiplin menjalankan protokol kesehatan yaitu memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak.

“Meski pesan ini telah berulang dikumandangkan namun pelanggaran masih kerap terjadi. Padahal disiplin protokol kesehatan adalah cara utama untuk mengurangi peluang peningkatan penularan maupun mutasi virus.”

Sumber : Bisnis.com