Hanya Terdengar Gemuruh Kembang Api, Bundaran HI Sepi di Malam Tahun Baru 2021

Suasana malam pergantian tahun baru 2021 di Bundaran Hotel Indonesia pada Kamis (31/12/2020). - Suara.com/Bagaskara
01 Januari 2021 08:37 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Malam tahun baru yang biasanya ramai dan gegap gempita, tidak terjadi pada malam pergantian tahun 2021 ini, bahkan di Ibu Kota khususnya di Kawasan Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta Pusat, Kamis (31/12/2020). Hanya terdengar gemuruh suara kembang api, Bundaran HI steril tidak ada kerumunan.

Menjelang pukul 00.00, bundaran HI sepi dari adanya kerumunan orang yang biasa terjadi di tahun-tahun sebelumnya. Hal itu terjadi lantaran pihak Polda Metro Jaya serta aparat gabungan menerapkan kebijakan Car Free Night plus Crowd Free Night di sepanjang Jalan Sudirman-Thamrin.

Terdengar jelang detik-detik pergantian tahun gemuruh suara kembang api bersautan dari kawasan Bundaran HI. Meski sempat ada larangan dari Polri untuk merayakan tahun baru, suara gemuruh kembang api justru masih terjadi.

Baca juga: Ternyata, Tadi Malam Wuhan Merayakan Tahun Baru secara Normal

Namun tak ada kembang api yang dinyalakan di sepanjang Bundaran HI seperti tahun-tahun lalu. Pasalnya di sepanjang Jalan Sudirman-Thamrin sudah ada aparat yang bersiaga memastikan kawasan tersebut steril.

Adapun Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran, mengatakan situasi Ibu Kota Jakarta di malam pergantian tahun batu 2021 aman terkendali. Ia mengklaim tidak ada kejadian menonjol yang mengkhawatirkan dan juga tidak ada kerumunan.

Hal itu disampaikan Fadil ketika melakukan sidak di sekitar kawasan Bundaran Hotel Indonesia bersama dengan Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza Patria dan juga Panglima Kodam Jaya Mayjen Dudung Abdurrachman pada pukul 23.00 WIB, Kamis (31/12/2020).

Baca juga: Pemberitahuan Penerima Vaksin Covid-19 Dikirim Melalui SMS

"Saya berkeliling bersama Pangdam dan juga Wagub melihat situasi malam pergantian tahun sampai saat ini mendekati jarum 23.00 situasi ibu kota terkendali, aman, tidak ada kejadian menonjol dan tidak ada kerumunan," kata Fadil.

Menurutnya, konsep kebijakan yang diterapkannya yakni Car Free Night dan juga Crowd Free Night diklaim telah berhasil mengurai kerumunan dan dapat dipahami masyarakat.

"Ini jadi sesuatu yang membanggakan, kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh warga DKI yang telah patuh dan taat," tuturnya.

Steril

Polda Metro Jaya akan menerapkan Car Free Night plus Crowd Free Night di dua titik di DKI Jakarta pada saat malam pergantian tahun baru 202. Dua titik itu yakni di sepanjang Jalan Sudirman-Thamrin dan kawasan Banjir Kanal Timur.

Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo, mengatakan, penerapan kebijakan tersebut akan dilakukan mulai tanggal 31 Desember 2020 mulai pukul 20.00 WIB hingga 03.00 WIB.

"Pelaksanakan car dan crowd free night dilaksanakan 2 ruas jalan utama yaitu Sudirman-Thamrin dan BKT banjir kanal timur," kata Sambodo di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (30/12/2020).

Sambodo menjelaskan, pada pelaksanaan Car Free Night nantinya kendaraan baik roda empat maupun roda dua akan dilarang melintas. Termasuk juga para pesepeda.

"Crowd free night berarti tidak ada kerumunan di Sudirman-Thamrin tidak boleh dilalui pejalan kaki, pesepeda dan sebagainya. Kita betul-betul akan memalukan sterilisasi di Jalan Sudirman-Thamrin dan jalan BKT," tuturnya.

Sementara itu, untuk wilayah lainnya di Jakarta, Sambodo mengatakan, pihaknya akan melakukan Patroli Skala Besar akan membubarkan seluruh kerumunan yang terjadi.

Menurutnya, potensi kerumunan selain di Sudirman-Thamrin dan BKT sangat mungkin terjadi lantaran tempat wisata biasa dipakai perayaan tahun baru ditutup. Untuk itu personel aparat gabungan akan menyisir melakukan pembubaran.

"Tapi kalau di Jakbar sekirltarnya termasuk Kemang, Pasar Baru, Kelapa Gading masih ada kerumunan TNI Polri dan pemda akan membubarkan kerumunan dan akan melakukan rapid tes kepada yang mencoba berkurumun," tandasnya.

Sumber : Suara.com