Sudah Lebih dari 5 Jam Polda Metro Jaya Periksa Rizieq Shihab

Tokoh Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab (HRS) tiba di Polda Metro Jaya pada Sabtu (12/12/2020) - ANTARA - Fianda Sjofjan Rassat
12 Desember 2020 17:07 WIB Sholahuddin Al Ayyubi News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Tim penyidik Polda Metro Jaya sudah memeriksa tersangka Rizieq Shihab selama lebih dari 5 jam terkait perkara tindak pidana pelanggaran protokol kesehatan Covid-19, Sabtu (12/12/2020).

Pendiri Front Pembela Islam (FPI) tersebut tiba di Polda Metro Jaya sekitar pukul 10.30 WIB dengan didampingi oleh sejumlah penasihat hukumnya. Hingga pukul 16.00 WIB, Habib Rizieq Shihab tidak kunjung selesai diperiksa oleh tim penyidik Polda Metro Jaya.

Hingga saat ini, belum ada keterangan resmi dari Kepolisian apakah tersangka Habib Rizieq Shihab bakal dibebaskan atau langsung ditahan selama 20 hari setelah menjalani pemeriksaan perdananya sebagai tersangka.

Sebelumnya, pendiri FPI Habib Rizieq Shihab lewat penasihat hukumnya mengaku sudah siap ditahan selama 20 hari ke depan setelah diperiksa sebagai tersangka hari ini di Polda Metro Jaya.

Baca juga: Habib Rizieq Bantah Mangkir dari Panggilan Kepolisian

Penasihat Hukum Habib Rizieq Shihab Aziz Yanuar mengatakan bahwa dirinya sudah berkoordinasi dengan kliennya dan sudah siap menjalani semua hal yang bakal terjadi setelah Habib Rizieq Shihab diperiksa sebagai tersangka di Polda Metro Jaya.

"Sudah siap kalau memang harus ditahan," kata Aziz, Sabtu (12/12/2020).

Aziz juga berharap pemeriksaan kliennya sebagai tersangka hari ini Sabtu 12 Desember 2020 di Polda Metro Jaya bisa berjalan dengan lancar dan tidak ada kendala apapun.

"Ya harapannya semoga [pemeriksaan] lancar," ujarnya.

Sementara itu, setibanya di Polda Metro Jaya, Rizieq Shihab menyatakan kedatangannya ke Polda Metro Jaya ialah untuk memenuhi pemeriksaan sebagai tersangka dalam kasus pelanggaran protokol kesehatan Covid-19.

"Saya hadir ke Polda Metro Jaya untuk memenuhi pemeriksaan terkait kerumunan," ujar Rizieq di Mapolda Metro Jaya, Sabtu (12/12/2020).

Sebelumnya, Polda Metro Jaya telah menetapkan pendiri FPI Habib Rizieq Shihab sebagai tersangka dalam kasus dugaan tindak pidana pelanggaran protokol kesehatan Covid-19.

Baca juga: Pemerintah Tolak Rekonsiliasi dengan Habib Rizieq, Ini Penyebabnya
 
Rizieq Shihab ditetapkan sebagai tersangka bersama dengan lima orang lainnya. Kelima orang tersebut antara lain adalah Haris Ubaidillah, Ali Alatas, Maman Suryadi, Ahmad Sobri Lubis dan Idrus.
 
Setelah ditetapkan sebagai tersangka, Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran menyatakan tim penyidik Polda Metro Jaya akan melakukan penangkapan terhadap enam tersangka dalam kasus dugaan tindak pidana pelanggaran protokol kesehatan Covid-19, termasuk Rizieq Shihab.

Sumber : bisnis.com