Advertisement

WHO Siapkan 120 Juta Tes Cepat Covid-19 Tersedia untuk Negara Miskin

John Andhi Oktaveri
Selasa, 29 September 2020 - 09:27 WIB
Nina Atmasari
WHO Siapkan 120 Juta Tes Cepat Covid-19 Tersedia untuk Negara Miskin Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus memberi info perkembangan situasi wabah Covi-19 di Jenewa, Swiss (24/2/2020). - Antara/Reuters

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan sekitar 120 juta tes diagnostik cepat untuk Virus Corona akan tersedia untuk negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah masing-masing dengan harga maksimum US$5.

Ketersediaan yang lebih luas atas pengujian cepat, andal dan murah itu akan membantu 133 negara dalam melacak infeksi dan menahan penyebaran wabah pandemi Covid-9.

Advertisement

Dengan cara itu kesenjangan antara negara miskin dengan negara kaya bisa ditupi, menurut organisasi itu seperti dikutip ChannelNewsAsia.com, Selasa (29/9/2020).

Baca juga: Doni Monardo: Masyarakat Menjadi Ujung Tombak Pencegahan Covid-19

Direktur Jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus mengatakan bahwa pabrikan Abbott dan SD Biosensor telah setuju bersama dengan Bill & Melinda Gates Foundation untuk membuat 120 juta tes diagnostik Covid-19.

Pengujian itu sangat portabel, mudah digunakan dan tersedia selama periode enam bulan.

Dia mengatakan pada konferensi pers di Jenewa bahwa paket tes tersebut saat ini seharga maksimal US$5 masing-masing, bisa lebih murah.

Baca juga: Mahasiswa Luar Daerah yang Datang ke Jogja Wajib Isi Data Diri Daring, Ini Alurnya

"Ini akan memungkinkan perluasan pengujian, terutama di daerah yang sulit dijangkau yang tidak memiliki fasilitas laboratorium atau petugas kesehatan yang cukup terlatih untuk melakukan pengujian," kata Tedros.

Selain itu, hal itu akan menjadi tambahan penting untuk kapasitas pengujian, terutama di area transmisi tinggi.

Catharina Boehme, Kepala Eksekutif dari Foundation for Innovative New Diagnostics (FIND), sebuah organisasi nirlaba yang berbasis di Jenewa dalam proyek tersebut, mengatakan kesepakatan itu merupakan "tonggak sejarang penting" karena pentingnya untuk meningkatkan pengujian di negara-negara miskin.

"Kami sekarang memiliki dua tes berkualitas tinggi yang pertama dalam rangkaian yang sedang dikembangkan dan dinilai oleh WHO untuk penggunaan darurat," katanya.

Tes yang tidak memerlukan laboratorium itu memberikan hasil yang dapat diandalkan hanya dalam 15 menit, bukan berjam-jam atau berhari-hari dan akan membantu memperluas pengujian, kata Boehme, menambahkan.

"Tes ini mudah digunakan seperti tes kehamilan," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Kereta Bandara YIA Xpress Sabtu 27 April 2024, Tiket Rp50 Ribu

Jogja
| Sabtu, 27 April 2024, 02:27 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement