Advertisement

Jual Beli Online Meningkat di Tengah Pandemi Corona, Kekayaan Bos Amazon Melonjak

Nirmala Aninda
Kamis, 16 April 2020 - 07:07 WIB
Nina Atmasari
Jual Beli Online Meningkat di Tengah Pandemi Corona, Kekayaan Bos Amazon Melonjak Presiden dan CEO Amazon, sekaligus pemilik The Washington Post, Jeff Bezos berbicara di acara Milestone Celebration Dinner yang digelar Economic Club of Washington DC di Washington, AS, Kamis (13/9). - Reuters/Joshua Roberts

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Dampak pandemi Corona, jutaan orang yang tertahan di rumah selama kebijakan pembatasan sosial, membuat mereka semakin bergantung pada layanan dagang elektronik (e-commerce). Hal itu membuat kinerja perusahaan dagang-el termasuk Amazon.com Inc. yang didirikan oleh Jeff Bezos terus naik.

Dilansir melalui Bloomberg, saham Amazon tercatat melonjak dengan rekor sebesar 5,3 persen pada Selasa (14/4) waktu setempat, sehingga membuat kekayaan bersih Bezos naik menjadi US$138,5 miliar.

Advertisement

Adapun, pandemi virus corona telah membuat ekonomi global terhenti dan mendorong hampir 17 juta orang Amerika menjadi pengangguran dalam rentang tiga pekan terakhir.

JPMorgan Chase dan Wells Fargo & Co. memberi isyarat bahwa akan ada kerugian pinjaman yang dipicu oleh pemutusan hubungan kerja yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Namun kondisi itu tidak berlaku untuk Bezos dan rekan-rekan miliardernya yang justru melihat kekayaan mereka kembali pulih dalam beberapa pekan terakhirm berkat stimulus dari pemerintah dan bank sentral kepada pasar.

"Kesenjangan kekayaan akan menjadi lebih luas dengan apa yang terjadi sekarang. Orang yang benar-benar kaya tidak perlu khawatir. Kekayaan mereka memang berkurang tapi masih cukup untuk makan atau memiliki tempat berteduh," kata kepala strategi pasar di Miller Tabak + Co. Matt Maley, seperti dikutip melalui Bloomberg, Rabu (15/4/2020).

Sepanjang tahun ini saja kekayaan Bezos telah bertambah hampir US$24 miliar.

Sementara itu, kekayaan MacKenzie Bezos naik US$8,2 miliar menjadi US$45,3 miliar, dengan kepemilikan saham 4 persen yang ditinggalkan di Amazon sebagai kesepakatan perceraian pasangan itu baru-baru ini.

Dia sekarang berada pada posisi ke-18 pada peringkat kekayaan Bloomberg, mendahului orang terkaya di India, Mukesh Ambani dan orang terkaya dari Meksiko, Carlos Slim.

Saham pesaingnya, seperti Walmart Inc., juga mencatatkan kenaikan yang turut mendorong kekayaan keluarga Walton.

Kekayaan bersih gabungan Alice, Jim, dan Rob Walton naik hampir 5% sejak awal tahun menjadi US$169 miliar.

Di samping itu, CEO Tesla Inc. Elon Musk turut mengalami meraup kekayaan tambahan sebesar US$10,4 miliar tahun ini, lebih tinggi dari siapa pun selain Bezos.

Kekayaan pendiri Zoom Video Communications Inc. Eric Yuan, dengan layanan telekonferensi yang menjadi populer dalam semalam di tengah pandemi, meningkat dua kali lipat menjadi US$7,4 miliar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bloomberg

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Produksi Ikan Tangkapan dan Budi Daya di Gunungkidul Hanya Naik Tipis

Gunungkidul
| Selasa, 19 Maret 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Ribuan Wisatawan Saksikan Pawai Ogoh-Ogoh Rangkaian Hari Raya Nyepi d Badung Bali

Wisata
| Senin, 11 Maret 2024, 06:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement