Rumput dan Alang-Alang Gunung Sindoro Terbakar

Ilustrasi. - Antara Foto/Hafidz Mubarak A
24 September 2019 09:17 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, WONOSOBO - Asisten Perhutani Wonosobo, Supriyono menyampaikan kawasan hutan di lereng Gunung Sindoro di wilayah Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah, terbakar pada Senin (23/9/2019) malam.

Supriyono di Wonosobo, Selasa (24/9/2019) mengatakan kebakaran tersebut terjadi di Petak 2020 b-2 Resor Pemangku Hutan (RPH) Anggrunggondok, Bagian Kesatuan Pemangku Hutan Wonosobo, KPH Kedu Utara, masuk Desa Candiyasan, Kecamatan Kertek.

"Titik api diketahui pertama sekitar pukul 18.30 WIB dan kami mendapat laporan sekitar pukul 19.00 WIB," tambahnya.

Ia menyebutkan jenis tanaman yang terbakar berupa rumput dan alang-alang.

Ia menyampaikan semalam langsung dilakukan upaya pemadaman oleh puluhan personel, antara lain dari Basecamp Pajero Anggrunggondok, Perhutani, dan kepolisian.

"Namun karena angin cukup kencang dan api terus membesar, upaya pemadaman dihentikan dan sekitar pukul 22.00 WIB personel turun," lanjutnya.

Ia mengatakan pagi ini dilanjutkan upaya pemadaman dengan melibatkan personel lebih banyak, antara lain dari Basecamp Pajero, BPBD Wonosobo, Kodim 0707/Wonosobo, kepolisian, dan relawan.

Ia menambahkan hingga saat ini belum diketahui penyebab kebakaran tersebut.

"Pada musim kemarau seperti sekarang ini memang rawan terjadi kebakaran, karena kondisi di atas lereng gunung sudah mengering, dengan percikan api kecil saja bisa menimbulkan kebakaran," jelasnya.

Ia mengimbau kepada masyarakat, khususnya para pendaki gunung untuk tidak membuat perapian, seandainya terpaksa membuat perapian harus dipastikan sudah benar-benar padam saat meninggalkannya.

Sumber : Antara