Advertisement

Keberadaan Masjid Bisa Tingkatkan Kualitas Pesantren

Newswire
Selasa, 17 September 2019 - 09:47 WIB
Sunartono
Keberadaan Masjid Bisa Tingkatkan Kualitas Pesantren Wakil Ketua Majelis Syuro DPP PKS Hidayat Nur Wahid. - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA--Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid berharap keberadaan masjid dapat meningkatkan kualitas keumatan dan kebangsaan, termasuk kualitas pondok pesantren. Begitu pula keberadaan Masjid Baitul Abbas Thalib di Pondok Modern Darussalam Gontor Putri Kampus 2, Sambirejo Mantingan Ngawi, Jawa Timur.

Hidayat Nur Wahid menyampaikan hal itu saat acara pengecoran pertama fondasi pembanguman Masjid Baitul Abbas Thalib di Pondok Modern Darussalam Gontor Putri Kampus 2, Senin (16/9/2019).

Advertisement

Masjid Baitul Abbas Thalib merupakan wakaf dari almarhum Abbas Muhammad bin Thalib. Mewakili waqif Abbas Muhammad bin Thalib, Hidayat mengatakan bahwa wakaf ini merupakan kelanjutan amal saleh almarhum Abbas Thalib untuk kepentingan umat, bangsa, dan negara.

"Untuk meningkatkan kualitas keumatan dan kebangsaan, termasuk [kualitas] di pesantren," katanya.

Hidayat mengungkapkan Abbas Muhammad bin Thalib adalah orang kepercayaan tokoh Masyumi Dr. Muhammad Natsir. Abbas Thalib membangun rumah sakit Islam di Bukittinggi yang sekarang menjadi rumah sakit besar di Bukittinggi.

"Beliau juga diamanahkan Muhammad Natsir untuk melaksanakan program pelayanan kesehatan untuk para kiai dan ustaz," kata Hidayat.

Ia menambahkan bahwa Abbas Thalib wafat pada bulan Syawal (Juni 2019). "Selama ini almarhum berpihak dan membela kepentingan keumatan. Beliau sangat marah kalau melihat kemungkaran. Tidak rela kondisi umat mundur dan terbelakang," katanya.

Menjelang akhir hayat, lanjut Hidayat, almarhum Abbas Thalib masih ingin berbuat lebih banyak lagi untuk umat.

Oleh karena itu, dibentuk Yayasan Waqaf Abbas Thalib. Wakaf masjid Baitul Abbas Thalib di Pondok Modern Darussalam Gontor Putri Kampus 2 sudah mendapat persetujuan dari Pimpinan Pondok Modern Gontor K.H. Hasan Abdullah Sahal dan Badan Wakaf Pondok Modern Darrusalam Gontor.

Hidayat berharap pengasuh dan santri Pondok Modern Darussalam Gontor Putri bisa memakmurkan masjid ini. "Apalagi, berada di lingkungan pesantren dan akan menjadi pusat Universitas Darussalam maka masjid ini akan menjadi ramai dan makmur untuk kegiatan santri dan para mahasiswi. Keberadaan masjid ini memberi manfaat untuk para santri dan mahasiswi," harapnya.

Hadir dalam pengecoran pertama pembangunan Masjid Baitul Abbas Thalib ini Diana Abas Thalib (istri Hidayat Nur Wahid yang juga putri dari Abbas Thalib), Pimpinan Pondok Modern Gontor K.H. Hasan Abdullah Sahal, anggota Badan Wakaf Pondok Modern Darrusalam Gontor K.H. Abdullah Sa'id Baharmus, Ketua Badan Wakaf Pondok Modern Darrusalam Gontor KH Akrim Mariyat, Pengasuh Gontor Putri Kampus 2 H Umar Sa'id Wijaya. Masjid Baitul Abbas Thalib seluas 1.600 meter dengan dua lantai. Masjid ini akan menampung sebanyak 1.919 santri Pondok Modern Darussalam Gontor Putri Kampus 2.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Dukung Kelestarian Lingkungan, Pemda DIY Mulai Terapkan Program PBJ Berkelanjutan

Jogja
| Kamis, 28 Maret 2024, 16:17 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement