Patuh dengan Megawati, Jokowi Bakal Beri PDIP Kursi Menteri Paling Banyak

Presiden Joko Widodo menanti kehadiran Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad dan Ibu Siti Hasmah dalam kunjungan kenegaraan di Istana Bogor, Jawa Barat, Jumat (29/6/2018). - Antara/Puspa Perwitasari
08 Agustus 2019 18:57 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA- PDIP diyakini bakal banyak mendapat jatah kursi menteri.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) tidak bisa menolak permintaan Ketua Umum Megawati Soekarnoputri. Megawati sebelumnya meminta jatah menteri banyak di pemerintahan Jokowi - Maruf Amin.

Jokowi menjamin dirinya akan memberikan kursi menteri terbanyak untuk PDI Perjuangan yang juga partainya itu. Hal itu dikatakan Jokowi saat memberikan pidato sambutan pada pembukaan Kongres V PDIP, di Hotel Grand Inna Beach, Bali, Kamis (8/8/2019).

Di hadapan Megawati dan Ketua Umum Partai Koalisi Indonesia Kerja (KIK) pengusung Jokowi - Ma'ruf Amin, Jokowi menjamin akan memberikan kursi menteri terbanyak untuk PDIP.

"Yang jelas PDI Perjuangan pasti yang terbanyak. Itu jaminannya saya," kata Jokowi.

Kendati begitu, Jokowi tidak menyebutkan berapa jumlah kursi menteri yang akan diberikan untuk PDIP. Hanya, Jokowi menilai jika Megawati tidak ingin mendapat empat kursi menteri namun jika parai yang lain mendapatkan kursi menteri dua sesungguhnya PDIP sudah mendapatkan kursi menteri terbanyak.

"Tadi kan Bu Mega bilang ya jangan (empat) tapi kan kalau yang lain dua dan PDIP empat kan sudah dua kali," ujarnya.

"Jadi kalau nanti yang lain tiga PDIP (enam jawab kader PDIP), belum tentu juga," imbuh Jokowi disambut gelak tawa kader PDIP.

Sebelumnya, Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri menyinggung soal kursi menteri untuk pemerintahan presiden dan wakil presiden terpilih 2019-2024 Joko Widodo dan Ma'ruf Amin saat berpidato pada pembukaan Kongres V PDIP di Hotel Grand Inna Beach, Bali.

Di hadapan Jokowi, Ma'ruf Amin, dan Ketua Umum Partai Koalisi Indonesia Kerja (KIK), Megawati meminta sebagai partai pemenang pemilu kursi menteri untuk PDIP di pemerintahan 2019-2024 harus lebih banyak.

‎"Kalau Pak Jokowi ini PDIP mesti banyak. Kalau saya dikasih cuma empat. Emoh. Tidak mau," tutur Megawati seraya disambut gelak tawa para kader PDIP.

‎Megawati menuturkan meminta banyak kursi menteri lantaran, PDIP telah berjuang dalam memenangkan Jokowi sebagai presiden terpilih selama dua periode. Oleh karenanya, Megawati berharap kepada Jokowi kiranya permintaannya itu dapat dipenuhi.

"Saya minta dengan hormat PDIP akan masuk, maka ke dalam kabinet dengan menteri yang harus terbanyak," ujarnya.

Sumber : Suara.com