Advertisement

Jokowi Datangi Sejumlah Lokasi Calon Pemindahan Ibu Kota Negara

Newswire
Rabu, 08 Mei 2019 - 17:47 WIB
Sunartono
Jokowi Datangi Sejumlah Lokasi Calon Pemindahan Ibu Kota Negara Presiden Joko Widodo di Banten. - Okezone

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNG MAS--Presiden RI Joko Widodo  meninjau langsung sejumlah lokasi di Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) terkait rencana pemindahan ibu kota negara ke daerah yang baru.

"Saya ini ke lapangan hanya satu, mencari feeling-nya atau perasaannya saja dulu," kata Jokowi didampingi Gubernur Kalteng Sugianto Sabran dan pihak terkait lainnya di Bukit Nyuling, Kelurahan Tumbang Talaken, Kecamatan Manuhing, Kabupaten Gunung Mas, Rabu (8/5/2019).

Advertisement

Saat ini, lanjut Jokowi, semuanya masih dikaji oleh tim yang telah dibentuknya. Karena itu, ujar dia,  penilaian masih terus berlangsung dan tidak berakhir di wilayah ini. Ia mengatakan, nantinya tim tersebut akan kembali datang ke Kalteng  untuk meninjau dan mendata apa saja yang diperlukan dalam pengkajian tersebut.

“Segala aspek akan menjadi penilaian oleh tim, mulai dari faktor sosial, politik, sosiologi masyarakat dan lainnya,” ujar dia.

Untuk wilayah Gunung Mas, ia menyebut bebas dari banjir maupun gempa, hanya saja kesiapan infrastruktur harus dimulai dari nol. Jokowi menyebut, setelah semuanya matang dan selesai dikaji, barulah tim menyampaikan semua itu kepadanya dan dari situlah keputusan baru bisa diambil.

"Yang jelas kalau feeling-nya sudah dapat, hitung-hitungan dan kalkulasi lainnya akan lebih mudah," kata dia.

Lebih lanjut ia menjelaskan, semua daerah yang ditinjaunya bersama tim penilai, masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan.  Untuk itu semua pihak diminta bersabar dan menunggu tim bergerak untuk melakukan kajian secara menyeluruh.

Rencana pemindahan ibu kota ke lokasi yang baru itu, ujar Jokowi, merupakan sebuah visi besar dan jangka panjang dalam rangka mempersiapkan Negara Kesatuan Republik Indonesia sebagai negara maju.

"Nemu, nemu, nemu," jawabnya sembari bercanda kepada awak media saat ditanyakan apakah Presiden sudah mendapat  feeling tersebut di Kalteng.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Stok Darah dan Jadwal Donor Darah di Wilayah DIY Jumat 26 April 2024

Jogja
| Jum'at, 26 April 2024, 11:27 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement