BPN: Prabowo Sebut "You" karena Merasa Dekat dengan Ulama

Calon Presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto di Istora Senayan, kamis (22/11/2018). - Suara.com/Ria Rizki Nirmala Sari
27 Februari 2019 21:17 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, SUMENEP - Viralnya video calon presiden Prabowo Subianto mengucapkan kalimat dengan kata 'you' kepada ulama dan tokoh masyarakat saat berada di Ponpes Assadad Sumenep, Selasa (26/2/2019) ditanggapi Kubu Capres dan Cawapres Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Video itu dibagikan Politisi Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Guntur Romli.

CEO Sekretariat Nasional (Seknas) Prabowo-Sandi, Muhamad Taufik mengatakan penggunaan kata 'you' pada ucapan Prabowo tersebut lantaran adanya kedekatan antara Prabowo dengan para ulama dan tokoh masyarakat setempat. Sehingga, ucapan Prabowo tersebut tidak bersifat kasar atau bahkan menghinakan ulama.

Taufik pun meminta persoalan terkait ucapan Prabowo tersebut tidak usah dipermasalahkan.

"Saya kira ada bahasa yang merasa dekat gitu kan. Yang begitu gak perlu dipersoalkan," ucap Taufik di Seknas Prabowo-Sandi, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (27/2/2019).

Sebelumnya, kubu Jokowi menilai Prabowo Subianto telah berkata kasar karena memanggil dengan sapaan "you" ke ulama. Aksi Prabowo itu terekam oleh politisi PSI, Guntur Romli.

Aksi Prabowo memanggil ulama dan tokoh masyarakat dengan memanggil "you" pun ramai dibicarakan warganet lantaran dinilai tak beretika.

Akun Twitter, Guntur Romli membagikan sebuah video yang menunjukkan Prabowo memanggil ulama dengan sebutan "you". Guntur menyayangkan sikap Prabowo yang dinilai tidak sopan terhadap sosok ulama.

"Ini @prabowo kasar sekali menegur ulama dan tokoh masyarakat di Sumenep, Madura, panggil ‘you you’ segala. Kalau mau negur pakai lah cara yang baik. Ini kejadian di Ponpes Assadad Sumenep, 26 Februari," kata Guntur dalam cuitan Twitter seperti dikutip Suara.com, Rabu (27/2/2019).

Dalam video berdurasi 23 detik itu tampak Prabowo berdiri di atas mimbar. Dari sisi kirinya tampak beberapa peserta yang berasal dari ulama dan tokoh masyarakat yang sedang berbincang-bincang hingga terdengar Prabowo.

Prabowo yang merasa terganggu pun langsung menegur audiens itu dengan memanggil "you". Ia juga meminta audiens untuk menggantikannya berbicara di atas mimbar.

"Kenapa kok, ada apa ingin bicara sendiri di situ? Apa "you" aja yang mau bicara di sini? Hah? Kalau nggak kamu aja bicara di sini,” ujar Prabowo.

Sumber : Suara.com