Advertisement

Banjir Bandang di Jepang Telah Renggut 75 Korban Jiwa

John Andhi Oktaveri
Senin, 09 Juli 2018 - 10:51 WIB
Nugroho Nurcahyo
Banjir Bandang di Jepang Telah Renggut 75 Korban Jiwa Warga diselamatkan dari area yang terendam banjir oleh tentara Jepang di Kurashiki, Jepang, Sabtu (7/7). - Kyodo via Reuters

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Jumlah korban tewas akibat banjir bandang dan hujan lebat yang melanda Jepang meningkat menjadi 75 orang hingga hari ini, Senin (9/7/2018), sedangkan puluhan lainnya masih dinyatakan hilang.

Saat ini tim penyelamat masih terus mencari para korban yang sebagian besar terjebak dalam lumpur dan tanah longsor. Sedangkan media setempat menyebut jumlah korban telah menembus angka 90 jiwa.

Advertisement

Perdana Menteri Shinzo Abe meminta tim penyelamat untuk "berpacu dengan waktu" guna menyelamatkan para korban. Di antara mereka ada yang terpaksa men-tweet pesan putus asa agar mendapatkan bantuan dari layanan darurat.

Di desa-desa di Jepang bagian tengah dan barat penduduk yang terperangkap terpaksa berlindung di atap rumah mereka saat banjir melanda.

Lebih dari dua juta orang diminta untuk mengungsi, tetapi perintah itu tidak wajib dan banyak penduduk yang tetap di rumah. Mereka terjebak air yang naik dengan cepat atau tanah longsor yang tiba-tiba.

Di kota Mihara, di selatan wilayah Hiroshima, jalan-jalan berubah menjadi sungai-sungai lumpur. Sejumlah kendaraan terlihat tertimbun dan terdampar.

"Daerah itu menjadi lautan," kata Nobue Kakumoto, 82 tahun, seorang warga sebagaimana dikutip ChannelNewsAsia.com, Senin (9/7/2018).

Dia mengaku khawatir, karena tidak tahu sampai kapan hujan akan berhenti.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

AHY Menegaskan Tidak Akan Ada Lagi Asal Menggusur di IKN

Jogja
| Jum'at, 26 April 2024, 09:47 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement