Advertisement

Serangan Teroris di Turki Tewaskan Lima Orang dan 22 Lainnya Luka-luka

Newswire
Kamis, 24 Oktober 2024 - 09:17 WIB
Ujang Hasanudin
Serangan Teroris di Turki Tewaskan Lima Orang dan 22 Lainnya Luka-luka Sejumlah mobil ambulans bersiaga di dekat fasilitas perusahaan dirgantara Turki, Turkish Aerospace Industries (TAI) di Ankara, Turki, yang diserang sekelompok teroris pada Rabu (23/10/2024) waktu setempat. (ANTARA - Anadolu)

Advertisement

Harianjogja.com, ANKARA—Sebanyak lima orang tewas dan 22 lainnya luka-luka dalam serangan teroris  di kantor pusat Turkish Aerospace Industries. Pelaku diduga dua orang. Para saksi mengatakan mereka mendengar suara tembakan dan ledakan.

Menteri Dalam Negeri Ali Yerlikaya mengatakan kedua penyerang tewas setelah serangan itu, seraya menambahkan dua dari yang terluka berada dalam kondisi kritis. Penyiar TV menunjukkan rekaman penyerang bersenjata memasuki gedung TUSAS di dekat Ankara.

Advertisement

"Dua teroris dinetralkan dalam serangan teror di lokasi TUSAS Ankara Kahramankazan," kata Yerlikaya.

"Sayangnya, kami memiliki lima martir dan 22 orang terluka dalam serangan itu. Tiga dari yang terluka sudah dipulangkan dari rumah sakit, 19 dari mereka masih dalam perawatan," katanya.

Yerlikaya mengatakan para pelaku "sangat mungkin" adalah anggota Partai Pekerja Kurdistan (PKK) yang dilarang.

"Gaya aksi tersebut menunjukkan bahwa sangat mungkin PKK yang melakukan serangan tersebut. Setelah identifikasi selesai dan bukti lainnya menjadi lebih jelas, kami akan berbagi informasi yang lebih konkret dengan Anda," katanya.

Angkatan udara Turki melakukan serangan udara di Irak utara dan Suriah utara dan menghancurkan 32 target PKK, kata kementerian pertahanan pada Rabu malam, seraya menambahkan bahwa banyak anggota PKK tewas.

BACA JUGA: Densus 88 Tangkap Terduga Teroris Al Qaeda di Gorontalo

Item 1 dari 8 Pemandangan umum pintu masuk kantor pusat perusahaan penerbangan Turki TUSAS, tempat tiga orang tewas dan lima lainnya terluka dalam sebuah serangan, dekat Kahramankazan, sebuah kota di ibu kota Turki, Ankara, 23 Oktober 2024. REUTERS/Stringer

Jaksa telah memulai penyelidikan, Anadolu Agency yang dikelola negara melaporkan.

Presiden Turki Tayyip Erdogan, bersama Vladimir Putin dari Rusia di sebuah konferensi BRICS di kota Kazan, Rusia, mengutuk serangan itu dan menerima belasungkawa Putin. NATO, Amerika Serikat, dan Uni Eropa juga mengutuk serangan itu.

Para saksi mata mengatakan kepada Reuters bahwa karyawan di dalam gedung telah dibawa ke tempat penampungan oleh pihak berwenang dan tidak seorang pun diizinkan meninggalkan gedung selama beberapa jam. Mereka mengatakan ledakan yang mereka dengar mungkin terjadi di pintu keluar yang berbeda saat karyawan meninggalkan kantor untuk hari itu.

Para saksi mata kemudian mengatakan evakuasi personel dari kampus TUSAS telah dimulai dan bus-bus diizinkan meninggalkan gedung karena operasi telah berakhir.

Penyiar menunjukkan gambar gerbang yang rusak dan rekaman baku tembak di tempat parkir, serta dua penyerang yang membawa senapan serbu dan ransel saat memasuki gedung. Ambulans dan helikopter kemudian tiba.

TUSAS adalah produsen kedirgantaraan terbesar di Turki, yang saat ini memproduksi pesawat latih, helikopter tempur dan sipil, serta mengembangkan jet tempur pertama dalam negeri negara itu, KAAN. Dimiliki oleh Yayasan Angkatan Bersenjata Turki dan pemerintah, perusahaan ini mempekerjakan lebih dari 10.000 orang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Reuters

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Berita Lainnya

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Fokus Bahas Tata Tertib, Anggota DPRD Sleman Tunda Pembentukan Alkap

Sleman
| Kamis, 24 Oktober 2024, 13:17 WIB

Advertisement

alt

Menengok Lagi Kisah Ribuan Prajurit Terakota Penjaga Makam Raja di Xian China

Wisata
| Kamis, 17 Oktober 2024, 22:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement