Advertisement

AS Janji Bantu Korban Badai Helene, Biden: Butuh Biaya Miliaran Dolar untuk Pemulihan

Newswire
Jum'at, 04 Oktober 2024 - 10:07 WIB
Abdul Hamied Razak
AS Janji Bantu Korban Badai Helene, Biden: Butuh Biaya Miliaran Dolar untuk Pemulihan Ilustrasi petir di tengah cuaca ekstrem. - Pixabay

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA– Pemerintah AS berjanji akan terus membantu masyarakat di kawasan pesisir timur AS yang terdampak badai Helene. Upaya pemulihan membutuhkan biaya miliaran dolar AS.

Hal itu disampaikan Presiden Amerika Serikat Joe Biden saat mengunjungi korban bencana di Georgia dan Florida, Kamis (3/10/2024). Menurutnya, korban bencana sangat menderita karena badai Helene menyebabkan banjir dan kerusakan infrastruktur besar baik di pesisir maupun daerah pedalaman.

Advertisement

BACA JUGA: AS Keluarkan Travel Warning ke Lebanon dan Meminta Warganya Keluar dari Beirut

"Saya ingin Anda semua tahu: Saya berduka bersama Anda dan saya berjanji bahwa kami akan terus membantu Anda," kata Biden saat mengunjungi Ray City di Georgia dikutip Jumat (4/10/2024)

"Tugas kami adalah membantu sebanyak mungkin orang. Saya pun berharap, melalui cara tersebut, kita dapat melampaui batas-batas partisan yang ada," ucap Presiden AS.

Data Gedung Putih menunjukkan bahwa lebih dari 40.000 orang telah mengajukan bantuan bencana setelah badai Helene tiba di Florida pada 26 September dan menyebabkan kehancuran di pesisir timur AS.

Biden telah memerintahkan sekitar 1.000 tentara diterjunkan untuk membantu proses pemulihan di daerah-daerah terdampak.

Laporan NBC News pada Kamis menyatakan bahwa korban tewas akibat badai Helene mencapai 202 orang, termasuk 98 jiwa di Carolina Utara, 39 di Carolina Selatan, 33 di Georgia, 19 di Florida, 11 di Tennessee, dan dua di Virginia.

Dengan ratusan korban lainnya masih hilang, badai Helene menjadi badai terburuk yang melanda AS sejak badai Katrina pada 2005.

Presiden Biden dan Wapres Kamala Harris secara terpisah telah mengunjungi negara-negara bagian Carolina Selatan, Carolina Utara, dan Georgia pada Rabu (2/10) untuk meninjau kerusakan dan dampak badai Helene.

Biden juga sempat menyaksikan via udara kerusakan infrastruktur yang masif di Asheviille di Carolina Utara, yang menjadi salah satu kawasan dengan kerusakan terparah akibat badai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Pemda DIY Wanti-wanti Deflasi Berdampak Bagi Kesejahteraan Petani

Jogja
| Jum'at, 04 Oktober 2024, 14:17 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Jogja lewat Diorama

Wisata
| Rabu, 02 Oktober 2024, 22:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement