Advertisement

PDIP Ungkap Alasan Ajukan Bambang Pacul Jadi Pimpinan MPR Periode 2024-2029

Newswire
Kamis, 03 Oktober 2024 - 15:17 WIB
Sunartono
PDIP Ungkap Alasan Ajukan Bambang Pacul Jadi Pimpinan MPR Periode 2024-2029 Bambang Wuryanto (tengah). - Harian Jogja/Ujang Hasanudin

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Ketua DPR RI sekaligus Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani menyebut alasan Bambang Wuryanto alias Bambang Pacul diusulkan fraksi partai-nya sebagai pimpinan MPR RI periode 2024-2029 karena pengalamannya yang mumpuni di DPR RI.

"Ya, itu hak partai yang kemudian memilih Pak Bambang Pacul buat PDIP. Beliau adalah salah satu tokoh di PDIP yang sudah berkiprah lama sekali, sudah mumpuni di DPR, sudah banyak pengalaman," kata Puan usai menghadiri Sidang Paripurna Ke-3 di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senayan, Kamis.

Advertisement

Untuk itu, dia menilai dengan pengalaman bekal pengalaman selama beberapa periode duduk di Senayan maka Ketua Komisi III DPR RI periode 2019-2024 itu memiliki jaringan koneksi yang luas.

"Juga mempunyai jaringan atau pertemanan dengan semua yang ada di sini dengan baik, karenanya kami berharap beliau dapat menjalankan tugasnya dengan baik," ujarnya.

Dia pun lantas mengucapkan selamat sekaligus memanjatkan harapan kepada pimpinan MPR RI periode 2024-2029 yang baru saja ditetapkan dalam Sidang Paripurna MPR RI Ke-3 pada Kamis siang.

"Kami dari pimpinan DPR mengucapkan selamat sudah ditetapkan dan dilantik ya ketua dan pimpinan MPR yang baru periode 2024-2029. Semoga bisa terus mengawal semua hal yang harus diteruskan untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa dan negara," ucap dia.

Diketahui, Bambang Pacul telah duduk sebagai anggota DPR RI selama berturut-turut sejak periode tahun 2004 hingga saat ini. Sebelumnya, Sidang Paripurna MPR RI di Gedung Nusantara, kompleks parlemen, Jakarta, Kamis, menyetujui Ahmad Muzani dari Fraksi Partai Gerindra menjadi Ketua MPR RI periode 2024—2029 menggantikan Bambang Soesatyo selaku Ketua MPR RI periode 2019—2024.

Selain itu, sidang paripurna tersebut juga menyetujui delapan pimpinan MPR RI lainnya untuk dilantik. Sebelumnya, pada periode 2019—2024, Muzani menjabat sebagai Wakil Ketua MPR RI.

Adapun delapan Pimpinan MPR RI lainnya yang juga dilantik yaitu Bambang Wuryanto (Fraksi PDI Perjuangan), Kahar Muzakir (Fraksi Partai Golkar), Lestari Moerdijat (Fraksi Partai NasDem), Rusdi Kirana (Fraksi PKB), Hidayat Nur Wahid (Fraksi PKS), Eddy Soeparno (Fraksi PAN), dan Edhie Baskoro Yudhoyono ( Fraksi Partai Demokrat), serta Abcandra Muhammad Akbar Supratman (Kelompok DPD RI).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Peduli Keselamatan Pengendara, Smartfren Serahkan Bantuan Water Barrier kepada Polresta Yogyakarta

Jogja
| Kamis, 03 Oktober 2024, 18:17 WIB

Advertisement

alt

Ketinggian Puncak Gunung Everest Bertambah, Ini Penjelasannya

Wisata
| Selasa, 01 Oktober 2024, 22:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement