Advertisement

Kabulkan Gugatan Praperadilan, Hakim PN Bandung Perintahkan Polda Jabar Bebaskan Pegi Setiawan

Anshary Madya Sukma
Senin, 08 Juli 2024 - 11:47 WIB
Sunartono
Kabulkan Gugatan Praperadilan, Hakim PN Bandung Perintahkan Polda Jabar Bebaskan Pegi Setiawan Pegi Setiawan. - Instagram.

Advertisement

Harianjogjacom, JAKARTA—Pengadilan Negeri Bandung (PN Bandung) mengabulkan gugatan praperadilan dari Pegi Setiawan atas penetapan tersangka di kasus pembunuhan Vina dan Eky di Cirebon.

Surat ketetapan tersangka terhadap Pegi dengan nomor SK/90/V/RES124/2024/DITRESKRIMUM per tanggal 21 Mei 2024 dinyatakan tidak sah oleh PN Bandung. "Surat ketetapan [tersangka] nomor SK/90/V/RES124/2024/DITRESKRIMUM tanggal 21 Mei 2024 Atas nama Pegi Setiawan beserta Surat yang berkaitan lainnya dinyatakan tidak sah dan batal demi hukum," kata Hakim tunggal Eman Sulaeman, di PN Bandung, Senin (8/7/2024).

Advertisement

BACA JUGA : Penyidik Serahkan Berkas Tersangka Pegi Setiawan 

Eman memerintahkan kepada Polda Jawa Barat (Jabar) untuk menghentikan penyidikan terhadap Pegi Setiawan serta melepaskannya dari tahanan. "Intinya permohonan praperadilan dari pemohon dikabulkan," ujarnya.

Sebelumnya, Ditreskrimum Polda Jabar dan Bareskrim Mabes Polri meringkus Pegi pada Selasa (21/5/2024). Dia ditangkap di Bandung saat dengan status buruh bangunan. Adapun, Polda Jabar menetapkan Pegi sebagai DPO tunggal dan menghapus dua buron lainnya seperti Dani dan Andi.

Alasannya, terdapat sejumlah keterangan yang berbeda terkait jumlah DPO dalam kasus ini. "Setelah kami lakukan penyelidikan mendalam, ternyata 2 nama yang disebutkan selama in itu hanyalah asal-asalan. Jadi tidak ada tersangka lain," ujar Dirkrimum Polda Jabar Kombes Surawan.

BACA JUGA : Ibu dari Pegi Setiawan Berharap Hakim Kabulkan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Kapan Jogja Masuki Musim Hujan? BMKG Jawab Begini

Jogja
| Minggu, 06 Oktober 2024, 10:27 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Jogja lewat Diorama

Wisata
| Rabu, 02 Oktober 2024, 22:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement