Advertisement

Peringati Hari Antinarkotika Internasional, BNNP Berpartisipasi dalam Selasa Wagen

Media Digital
Rabu, 12 Juni 2024 - 11:17 WIB
Mediani Dyah Natalia
Peringati Hari Antinarkotika Internasional, BNNP Berpartisipasi dalam Selasa Wagen Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) DIY saat Pentas Seni Desa Budaya, Selasa Wagen di Monumen Serangan Umum 1 Maret/ Museum Benteng Vredeburg Jogja, Selasa (11/6 - 2024). Istimewa

Advertisement

JOGJA—Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) DIY bersinergi dengan Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) DIY menggelar Pentas Seni Desa Budaya, Selasa Wagen di Monumen Serangan Umum 1 Maret/ Museum Benteng Vredeburg Jogja, Selasa (11/6/2024). Kegiatan ini juga untuk memperingati Hari Antinarkotika Internasional (HANI) Tahun 2024 dengan tema Hani, Masyarakat Bergerak, Bersama Melawan Narkoba Mewujudkan Indonesia Bersinar (Bersih Narkoba).

Pada kegiatan ini BNNP DIY melakukan kerja sama dengan Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) DIY melalui insert konten pada kegiatan yang diselenggarakan sore sampai dengan malam hari, serta sebagai bentuk kegiatan untuk memperingati HANI 20224 dengan tema Masyarakat Bergerak, Bersama Melawan Narkoba Mewujudkan Indonesia Bersinar (Bersih Narkoba).

Advertisement

Kepala Dinas Kebudayaan DIY, Dian Lakshmi Pratiwi, S.S,M.A mengapresiasi sinergi Program Antar Lintas Sektoral Instansi Vertikal BNN dalam mengembangkan seni dan budaya, serta kegiatan Pentas Seni Budaya Selasa Wagen ini dalam rangka kolaborasi memperingati HANI 2024. “Saya berharap melalui seni dan budaya, masyarakat bergerak bersama untuk melawan narkoba,” katanya dalam rilis, Rabu (12/6/2024).

Kepala BNNP DIY Andi Fairan S.I.K., M.S.M. menyampaikan BNNP DIY meneruskan arahan Kepala BNN RI mengenai visi Indonesia untuk Drug Free 2024. Adapun misi yang diemban, diantaranya menciptakan aparat hukum yang bersih dari KKN dan tidak terlibat dalam peredaran gelap narkoba, meningkatkan ketahanan masyarakat terhadap ancaman bahaya narkoba, sehat jasmani dan rohani dalam rangka menyongsong Indonesia Emas 2045.

Sebagai daerah yang dikenal juga sebagai daerah wisata, kata dia, tentu pesona DIY dapat menjadi magnet wisatawan mancanegara. Salah satu risiko dari keuntungan ini adalah meningkatnya peluang narkoba masuk DIY. “Upaya dalam mencegah peredaran yang ada di wilayah DIY yaitu melalui kegiatan kampanye P4GN bertujuan untuk memobilisasi dukungan masyarakat luas untuk ikut prihatin terhadap para korban penyalahgunaan narkoba serta membangun komitmen bersama untuk terus berupaya melakukan upaya-upaya pencegahan terhadap segala bentuk penyalahgunaan narkoba serta meningkatkan kewaspadaan dan daya tangkal masyarakat terhadap ancaman bahaya narkoba, sekaligus menggelorakan bersama mewujudkan Indonesia bersinar, bersih narkoba,” katanya.

Melalui kegiatan yang berkolaborasi dengan program OPD di wilayah DIY, BNNP DIY menyuarakan kampanye perang terhadap peredaran dan penyalahgunaan narkoba dan mengajak seluruh masyarakat untuk mewujudkan DIY yang bersih dari peredaran narkoba. Dalam kesempatan ini, masyarakat terlihat antusias saat mengunjungi panggung dan pojok konseling serta pemeriksaan kesehatan di gerai BNNP DIY. (***)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Gempur Rokok Ilegal

Advertisement

alt

Mayat Pria Tanpa Identitas Ditemukan di Kali Godean Sleman, Begini Ciri-cirinya

Sleman
| Rabu, 26 Juni 2024, 19:17 WIB

Advertisement

alt

Inilah Rute Penerbangan Terpendek di Dunia, Naik Pesawat Hanya Kurang dari 2 Menit

Wisata
| Sabtu, 22 Juni 2024, 11:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement