Advertisement

Anggaran Pupuk Bersubsidi Sentuh Rp54 Triliun, Mentan: Awasi Distribusinya

Dwi Rachmawati
Jum'at, 29 Maret 2024 - 18:07 WIB
Abdul Hamied Razak
Anggaran Pupuk Bersubsidi Sentuh Rp54 Triliun, Mentan: Awasi Distribusinya Pekerja mengangkut karung pupuk urea di gudang lini 3 Jatibarang pupuk Kujang, Indramayu, Jawa Barat belum lama ini. / Antara

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Menteri Pertanian Amran Sulaiman mengatakan, penambahan alokasi pupuk subsidi tahun ini sebesar Rp28 triliun. Dengan begitu, anggaran pupuk subsidi secara total pada 2024 mencapai Rp54 triliun.

Menurutnya, tambahan anggaran subsidi pupuk tersebut merupakan tindak lanjut dari deretan pertemuan terbatas Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan para menterinya, termasuk menteri keuangan.

Advertisement

Dari sana diputuskan penambahan alokasi pupuk subsidi tahun ini mencapai 9,55 juta ton. Adapun, keputusan itu telah resmi dituangkan dalam Surat Menteri Keuangan No.S-297/MK.02.2024.

BACA JUGA: Penebusan Pupuk Bersubsidi dengan KTP di Bantul Terus Disosialisasikan

"Kabar baik ini yang ditunggu-tunggu petani Indonesia karena ini bagian dari tonggak sejarah kembali ya kebutuhan petani, yaitu pupuk," ujar Amran dalam keterangannya, dikutip Jumat (29/3/2024).

Amran pun berharap para petani segera mempercepat masa tanam seiring adanya kepastian pupuk subsidi tahun ini. Percepatan tanam dianggap bisa mendorong peningkatan produksi pangan termasuk beras di dalam negeri.

Selain itu, Amran juga minta agar pihak Kepolisian, TNI, dan kepala daerah bisa memperkuat pengawasan distribusi pupuk di daerah mulai dari distributor hingga kios-kios pengecer. Pengawasan yang ketat diharap dapat mencegah terjadinya penyimpangan distribusi pupuk bersubsidi.

Amran mengaku tidak akan segan-segan mencabut izin usaha bagi pihak penyalur pupuk bersubsidi yang melakukan kecurangan. Adapun, alokasi pupuk bersubsidi tahun ini meliputi jenis pupuk kimia dan organik yang diperuntukan bagi sembilan komoditas, yakni padi, jagung, kedelai, cabai, bawang merah, bawang putih, tebu rakyat, kopi dan kakao.

BACA JUGA: Harga Pupuk Diprediksi Naik Tahun Depan, Ini Penyebabnya

"Kami titip kios-kios dan distributor agar tidak melakukan kekurangan. Bagi yang nakal, langsung cabut saja izinnya," tuturnya.

Diberitakan Bisnis.com, Senin (18/3/2024), PT Pupuk Indonesia (Persero) mengungkap rencana pemerintah untuk menambah anggaran pupuk subsidi tahun ini dari semula Rp26,6 triliun menjadi Rp54 triliun.

Direktur Utama Pupuk Indonesia Rahmad Pribadi mengatakan, penambahan alokasi dana untuk penyaluran subsidi pupuk merupakan keputusan tidak mudah. Namun, pihaknya tengah mengurus agar dapat segera direalisasikan.

"Kita ini sangat intensif untuk melakukan koordinasi, dari anggaran yang Rp26,6 triliun ini akan ditambah menjadi Rp54 triliun, tambahannya sedang di proses di Kementerian Keuangan," kata Rahmad dalam agenda Buka Puasa Bersama Media 2024 di Jakarta, Senin (18/3/2024).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Regenerasi Koreografer, Kundha Kabudayan Sleman Gelar Lomba Cipta Tari DI MGM

Sleman
| Sabtu, 27 April 2024, 19:27 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement