Advertisement

Pendiri Taman Safari Indonesia Dinobatkan sebagai Bapak Konservasi Lingkungan Hidup Indonesia

Newswire
Senin, 25 Desember 2023 - 21:17 WIB
Arief Junianto
Pendiri Taman Safari Indonesia Dinobatkan sebagai Bapak Konservasi Lingkungan Hidup Indonesia Pendiri Taman Safari Indonesia Jansen Manansang (kanan) menerima penghargaan dari Messenger Of Revival atau (More). - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, BOGOR—Pendiri Taman Safari Indonesia, Jansen Manansang dinobatkan sebagai Father of Wildlife Conservation atau Bapak Konservasi Lingkungan Hidup Indonesia oleh Messenger of Revival (More).

Jansen mengungkapkan bahwa penghargaan tersebut ia terima secara simbolis saat peringatan Hari Jadi ke-25 More di Jakarta Selatan, Jumat (15/12/2023). "Penghargaan ini adalah hasil kerja keras bersama, tim kami di Taman Safari Bogor. Khususnya dalam program konservasi satwa,” ungkap Jansen di Cisarua, Bogor, Senin (25/12/2023).

Advertisement

Dia menyebutkan, beberapa program konservasi satwa penting yang telah ia lakukan bersama Tim Life and Science (LS) Taman Safari Bogor di antaranya breeding satwa-satwa yang dilindungi undang-undang dan masuk kategori rawan kepunahan seperti elang jawa, harimau sumatera, komodo hingga badak Sumatra.

“Kami juga telah membangun bank sperma beberapa satwa yang dilindungi agar terjaga kelestariannya, salah satunya harimau Sumatra. Penghargaan ini akan menjadi motivasi saya dan tim Taman Safari Indonesia untuk terus konsisten merawat dan menjaga satwa-satwa dari kepunahan,” ujarnya.

Menurut dia, sejak 36 tahun berdiri, Taman Safari Bogor bukan saja menjadi wahana rekreasi bagi keluarga dari berbagai daerah di Indonesia. Eksistensi paling utama Taman Safari Bogor adalah menjadi pilar edukasi serta konservasi alam dan satwa untuk menjaga keseimbangan kehidupan pegunungan, khususnya Gunung Gede Pangrango.

BACA JUGA: Dulu Berburu, Pria Ini Kini Jadi Penyelamat Satwa

Jansen mengatakan, Taman Safari Bogor juga telah sukses menjadi percontohan dan primadona wisata keluarga berwawasan lingkungan yang berorientasi pada habitat satwa di alam bebas.

Langkah strategis Jansen Manansang Cs dengan berkolaborasi dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) serta beragam unsur pecinta alam dan civitas academica juga telah melahirkan lompatan-lompatan penyelamatan satwa dengan membuat konsep konservasi berbasis exsitu.

Diketahui, More sebelumnya juga dikenal dengan nama BOM (Business Office Ministry) merupakan organisasi nirlaba yang concern terhadap pentingnya pelaku dunia kerja untuk bekerja dengan Spirit of Excellence.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Regenerasi Koreografer, Kundha Kabudayan Sleman Gelar Lomba Cipta Tari DI MGM

Sleman
| Sabtu, 27 April 2024, 19:27 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement