Advertisement

Gempa Bumi Tektonik M 4,8 Landa Malang, Begini Penjelasan BMKG

Abdul Hamied Razak
Rabu, 11 Oktober 2023 - 04:27 WIB
Abdul Hamied Razak
Gempa Bumi Tektonik M 4,8 Landa Malang, Begini Penjelasan BMKG Seismik gempa bumi / Ilustrasi Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJAGempa bumi tektonik melanda wilayah Malang Jawa Timur pada Selasa, 10 Oktober 2023 pukul 23.42.29 WIB. Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi ini memiliki parameter dengan magnitudo M4,8.

"Episenter gempabumi terletak pada koordinat 8.82° LS; 112.50° BT tepatnya di laut pada jarak 76 km arah BaratDaya Kabupaten Malang dengan kedalaman 38 Km," kata Kepala Stageof Sleman BMKG DIY Setyoajie Prayoedhie, Rabu (11/10/2023).

Advertisement

BACA JUGA: Gempa Terkini: Malang Diguncang Gempa Berkekuatan Magnitudo 4,8

Jika memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, lanjut Setyo, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas pada zona subduksi.

Guncangan gempa bumi ini, sambungnya, dirasakan di daerah Blitar, Lumajang, Jember II MMI [Getaran dirasakan sedikit orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang] dan di Malang III MMI [Getaran dirasakan seperti truk yang melintas].

Hingga kini, lanjut Setyo hasil monitoring BMKG menunjukkan belum ada aktivitas gempa bumi susulan (aftershock). "Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut," ujarnya.

Dia menghimbau masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Masyarakat juga diminta menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.

BACA JUGA: Tunggu Proses Hukum, Korban Mafia Tanah Kas Desa Berharap Uangnya Kembali

"Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yg membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali kedalam rumah," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Jadwal, Rute dan Tarif Damri dari Bandara YIA ke Jogja dan Tempat Wisata

Jogja
| Senin, 21 Oktober 2024, 05:37 WIB

Advertisement

alt

Komunitas Vespa di Jogja Memulai Perjalanan ke Sabang Demi Mendapatkan Biji Kopi Lokal Setiap Daerah

Wisata
| Rabu, 16 Oktober 2024, 11:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement