Advertisement

Kronologi Hilang Kontak Mentan Syahrul Yasin Limpo di Eropa

Akbar Evandio
Rabu, 04 Oktober 2023 - 08:07 WIB
Sunartono
Kronologi Hilang Kontak Mentan Syahrul Yasin Limpo di Eropa Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo usai menghadiri 3rd Asean-Australia Summit di Jakarta, Kamis (7/9/2023). - Bisnis/Ni Luh Anggela

Advertisement

Harianjogja.com, SOLO—Dunia maya dihebohkan kabar Mentan Syahrul Yasin Limpo hilang kontak di Eropa setelah isu dirinya jadi tersangka korupsi Kementan mengemuka.

Wamentan, Harvic Hasbul Qolbi, menjelaskan kepergian Syahrul Yasin Limpo ke Eropa, tepatnya Roma, Italia untuk menghadiri forum Global Conference on Sustainable Livestock Transformation yang diadakan oleh Food and Agriculture Organization (FAO) atau Organisasi Pangan dan Pertanian.

Advertisement

BACA JUGA : KPK Panggil Febri Diansyah, Klarifikasi Dokumen Dugaan Korupsi Syahrul Yasin Limpo

Setelah dari Roma, Italia, Mentan dan jajaran Eselon I dan Eselon II Kementan berlabuh di Spanyol untuk melakukan kunjungan kerja. Kunjungan kerja di Spanyol ini dilakukan dalam rangka pengembangan Green House skala industri dengan bertemu Mentan Spanyol Luis Planas Puchades di kantor Kementerian Pertanian.

Syahrul juga bertemu Fernando Miranda Sotillos selaku Secretary Jenderal of Agriculture and Food dan Valentin Almanaz de Lara selaku Director Jenderal of Health and Agriculture production.

Akan tetapi, masalah terjadi saat tiba masa kepulangan. Menurut Wamentan, Syahrul Yasin Limpo tidak pulang bersama jajaran lantaran kendala tiket. Sejak saat itu, Syahrul Yasin Limpo tidak bisa dihubungi dan kabar hilang kontak di Eropa pun mengemuka.

“Kalau dari Spanyol informasi terakhir yang kami terima memang berbarengan dengan beberapa pejabat eselon kami, eselon I ada yang ikut tiga orang juga ada eselon II yang ikut kunjungan kerja pak Menteri, juga beberapa staf. Namun, kembali ke Tanah Airnya memang masing-masing karena mungkin tiket terbatas, akhirnya terpisah,” tuturnya.

BACA JUGA : Kunjungan Kerja ke Spanyol, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo Hilang Kontak

Harvick menyebut SYL seharusnya sudah menyelesaikan kunjungan kerja (kunker) pada Sabtu (30/9/2023) atau Minggu (1/10/2023). “Sabtu [seharusnya] sudah kembali. Sabtu kemarin, Sabtu atau Minggu harusnya sudah kembali. Baru 2—3 hari,” pungkas Harvick.

Meski demikian, Wamentan Harvick mengatakan bahwa teka-teki keberadaan Syahrul Yasin Limpo ini tak ada hubungannya dengan melarikan diri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Kronologi Lengkap Penembakan Anak di Ngemplak Sleman, Sempat Viral di Medsos

Sleman
| Jum'at, 10 Mei 2024, 12:57 WIB

Advertisement

alt

Unik, Glamping Kapal Selam Ini Ternyata Bekas Sekoci Kapal Tanker

Wisata
| Jum'at, 10 Mei 2024, 09:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement