Advertisement

Didukung Pemilik 42,2% Suara Pemilu 2019, Siapa Cawapres Prabowo pada Pilpres 2024?

Dany Saputra
Senin, 14 Agustus 2023 - 08:07 WIB
Abdul Hamied Razak
Didukung Pemilik 42,2% Suara Pemilu 2019, Siapa Cawapres Prabowo pada Pilpres 2024? Prabowo Subianto / Antara

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Partai Golkar dan Partai Amanat Nasional atau PAN telah mendeklarasikan Prabowo Subianto sebagai calon presiden (capres) untuk kontestasi Pilpres 2024. Langkah selanjutnya, koalisi ini mengarah pada penentuan calon wakil presiden (cawapres).

Tambahan dukungan dari Golkar dan PAN tidak hanya menguatkan posisi Prabowo secara politik, tetapi juga dari sisi elektoral. Dukungan Golkar dan PAN jelas menambah amunisi kekuatan kepada Prabowo. Apalagi jika cawapres prabowo disepakati.

Advertisement

BACA JUGA: Respons PKS Soal PAN dan Golkar Gabung ke Kubu Prabowo di Pilpres 2024

Saat ini koalisi pendukung Prabowo terdiri dari lima partai politik antara lain Gerindra, PKB, PAN, Golkar, dan PBB. Jika mengacu kepada hasil Pemilu 2019, dukungan dari lima partai ini mewakili 42,2% atau setara 59 juta suara. Tinggal menentukan cawapres Prabowo.

Lalu siapa calon wakil presiden (cawapres) yang akan mendapingi Prabowo? Muncul suara-suara dipublik, Cawapres yang layak mendampinginya. Mulai dari Menteri BUMN Erick Thohir, Ketua PKB Muhaimin Iskandar, mantan Menteri Kelautan dan Perikanan dan pengusaha Susi Pudjiastuti hingga Gibran Rakabuming Raka menjabat sebagai Walikota Surakarta.

Meski begitu, Ketua Umum Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) sekaligus bakal calon presiden (Bacapres) Pemilu 2024 Prabowo Subianto menegaskan penentuan calon wakil presiden (Bacawapres) masih dirumuskan bersama dengan tiga partai pengusung lainnya. 

Sikap itu disampaikan Prabowo setelah menyambut deklarasi dukungan baru dari Partai Golongan Karya (Golkar) dan Partai Amanat Nasional (PAN) di Museum Perumusan Naskah Proklamasi, Jakarta Pusat, Minggu (13/8/2023). 

“Pembicaraan tentang Cawapres kita sudah sepakat bahwa kita akan terus berdiskusi musyawarah untuk mencari calon yang terbaik yang bisa diterima oleh keempat partai ini,” kata Prabowo usai acara deklarasi. 

Prabowo mengatakan pembicaraan soal cawapres akan dimatangkan bersama dengan tiga partai pengusung dirinya. Apalagi, dia menggarisbawahi, koalisasi awal yang sudah terbentuk bersama dengan PKB belakangan mendapat sokongan kekuatan baru dari dua partai besar yang baru bergabung, Golkar dan PAN. 

“Setelah bergabung tentunya kita akan menganggap bahwa semua partai yang sekarang dalam koalisasi politik ini, kerja sama politik ini adalah sahabat saudara yang satu bagian satu tim, kita akan selesaikan masalah itu,” kata Prabowo.

Airlangga menerangkan dukungan yang diberikan partainya itu berdasar pada sejarah Prabowo yang juga pernah menjadi kader Partai Beringin tersebut. "Kenapa Partai Golkar menjatuhkan pilihan kepada Bapak Prabowo Subianto? Tidak lain tidak bukan karena Pak Prabowo Subianto lahir dari rahim Partai golkar," kata Airlangga.

BACA JUGA: Golkar-PAN Merapat, Prabowo : Kami Adalah Tim Pak Jokowi

Selain itu, Airlangga juga menilai rekam jejak dan kinerja Prabowo terbilang baik. Airlangga yakin Ketum Partai Gerindra itu memiliki visi dan misi yang baik soal kemajuan bangsa di tengah momentum bonus demografi saat ini. 

“Kepemimpinan 10 tahun ke depan sangat penting dan Partai Golkar melihat kepemimpinan bapak Prabowo Subianto sangat tepat untuk membawa Indonesia lolos dari middle income trap," tuturnya.

Sementara itu, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan (Zulhas) menuturkan partainya memberikan dukungan kepada Prabowo lantaran kedua partai sudah berkoalisasi sejak Pemilu 2014 dan 2019 lalu. 

"Kami sudah 10 tahun bareng-bareng dengan Pak Prabowo. Kalau tinggal sedikit, kenapa tidak sabar? Kami yakin perjuangan 10 tahun akan tuntas," kata dia. Belakangan, PAN menyodorkan Erick Thohir sebagai Cawapres Prabowo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

TPA Banyuroto di Kulonprogo Ditawar Menampung Sampah Luar Daerah, Kepala UPT Menolak

Kulonprogo
| Jum'at, 10 Mei 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Menilik Jembatan Lengkung Zhaozhou Tertua di Dunia

Wisata
| Jum'at, 10 Mei 2024, 10:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement