Advertisement

Kritik Jokowi, AHY: Ekonomi Stagnan, Utang Ugal-ugalan!

Surya Dua Artha Simanjuntak
Sabtu, 15 Juli 2023 - 08:37 WIB
Abdul Hamied Razak
Kritik Jokowi, AHY: Ekonomi Stagnan, Utang Ugal-ugalan! Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) /Instagram

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), mengkritisi kondisi perekonomian era pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Menurut AHY, perekonomian di era Jokowi dinilai stagnan dan utang yang terus naik. Meski mengakui ada beberapa capaian positif di bidang ekonomi pemerintahan Jokowi, namum demikian, dia menilai secara umum perekonomian mandeg selama sembilan tahun terakhir.

Advertisement

“Pertumbuhan ekonomi menurun, jauh di bawah yang dijanjikan tujuh persen hingga delapan persen. Pertumbuhan ekonomi stagnan di angka lima persen,” kata AHY saat menyampaikan pidato politik Agenda Perubahan & Perbaikan yang disiarkan diempat stasiun TV nasional, Jumat (14/7/2023).

BACA JUGA: AHY Ungkap Alasan Belum Diumumkannya Cawapres Anies

Dia mengaku tak heran daya beli masyarakat golongan menengah ke bawah juga menurun. Di sisi lain, utang pemerintah mencapai lebih dari Rp7.800 triliun per Maret 2023.

"Yang meroket justru utang kita, baik utang pemerintah maupun BUMN,” jelas AHY.

Padahal, lanjutnya, banyak negara yang perekonomiannya jatuh dan mengalami krisis hebat karena jebakan utang. Dia tak ingin pemerintah hanya berpikir ekonomi jangka pendek tanpa memikirkan konsekuensi jangka panjang.

"Kita harus belajar, banyak negara gagal akibat utang yang ugal-ugalan," ungkapnya.

AHY mengaku bingung pemerintah selalu berdalih dari sisi rasio utang terhadap PDB masih aman karena kurang dari 60 persen. Padahal, dia berpendapat kemampuan fiskal untuk membayar utang rendah dan membebani APBN.

"Untuk itu, batasi dan kontrol utangpemerintah dan BUMN. Pastikan, pembangunan infrastruktur tidak mengandalkan utang," kata putra presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Terbaru! Jadwal KRL Jogja-Solo Selasa 14 Mei 2024, Berangkat dari Stasiun Tugu dan Lempuyangan

Jogja
| Selasa, 14 Mei 2024, 01:57 WIB

Advertisement

alt

Tidak Hanya Menginap, Ini 5 Hal Yang Bisa Kamu Lakukan di Garrya Bianti Yogyakarta

Wisata
| Senin, 13 Mei 2024, 15:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement