Advertisement

Mengenal BTS, Megaproyek Bikin Menkominfo Johnny G Plate Jadi Tersangka Korupsi

Taufan Bara Mukti
Rabu, 17 Mei 2023 - 17:37 WIB
Sunartono
Mengenal BTS, Megaproyek Bikin Menkominfo Johnny G Plate Jadi Tersangka Korupsi Ilustrasi BTS Bakti Kominfo, kasus korupsi Johnny G Plate - Kominfo

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Politikus Partai Nasdem yang juga Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus korupsi Base Transceiver Station (BTS).

Penyidik Jampidsus Kejaksaan Agung (Kejagung) menahan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate dalam kasus korupsi BTS Bakti Kominfo.

Advertisement

Johnny G Plate saat ini sudah berstatus sebagai tersangka dalam kasus korupsi BTS Kominfo. Direktur Penyidikan Jampidsus Kuntadi mengataka penetapan Johnny dilakukan setelah pemeriksaan yang mendalam.

BACA JUGA : Johnny Plate Jadi Tersangka, Istana: Jabatan Menteri Akan

"Berdasarkan pemeriksaan tersebut kami meningkatkan status yang bersangkutan dari saksi menjadi tersangka," ucap Kuntadi, Rabu (17/5/2023).

Berdasarkan pantauan JIBI/Bisnis, Johnny langsung digiring ke mobil tahanan milik Kejagung yang terparkir sejak pukul 11.00 WIB.

Base Transceiver Station

Base Transceiver Station atau disingkat BTS adalah sebuah infrastruktur telekomunikasi yang memfasilitasi komunikasi nirkabel antara peranti komunikasi dan jaringan operator. Nama lain dari BTS adalah Base Station (BS), Radio Base Station (RBS), atau node B (eNB).

Penerima sinyal BTS berupa telepon, telepon seluler, jaringan nirkabel. Sementara operator jaringan yang terkoneksi BTS yaitu GSM, CDMA, dan TDMA. Tower BTS sering disalahartikan sebagai bentuk utama dari BTS itu sendiri. Padahal, tower adalah salah satu komponen dari perangkat BTS.

BTS terdiri atas tiga bagian utama, yaitu tower, shelter, dan feeder. Tower stasiun pemancar memiliki bentuk yang beragam, muali dari kaki segi empat, segitiga, atau pipa panjang saja. Adapun shelter BTS adalah suatu tempat penyimpanan perangkat-perangkat telekomunikasi.

Sedangkan feeder adalah kabel besar yang dijadikan media rambat gelombang radio antara BTS dengan antena sektor.

BACA JUGA : Sejarah Bakti Kominfo Seret Johnny G Plate Soal Korupsi

BTS mengirimkan dan menerima sinyal radio ke perangkat mobile dan mengonversi sinyal-sinyal tersebut menjadi sinyal digital untuk selanjutnya dikirim ke terminal lainnya untuk proses sirkulasi pesan atau data.

Setiap BTS menyimpan data internal yang terkait satu sama lain yang membuat suatu BTS beroperasi. Data ini dapat berfungsi sebagai identitas dan profil sebuah BTS, atau elemen yang membantu kinerja BTS.

Beberapa data yang disimpan oleh BTS adalah data situs, data PLN, data perangkat BTS, data perangkat transmisi, dan data rute link transmisi. Di Indonesia banyak digunakan BTS hijau yakni BTS yang komponen instalasinya menggunakan prinsip ramah lingkungan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Pendaftaran Ditutup, Ini 8 Nama yang Mendaftar Lewat Golkar di Pilkada Bantul 2024

Bantul
| Kamis, 25 April 2024, 16:57 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement