Advertisement

Ini Sembilan Aplikasi Digital Pelayanan Publik di Kabupaten Magelang

Media Digital
Selasa, 21 Maret 2023 - 20:47 WIB
Budi Cahyana
Ini Sembilan Aplikasi Digital Pelayanan Publik di Kabupaten Magelang Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Magelang, Endra Endah Wacana menerima penghargaan Digital Government Award SPBE Summit 2023 di Jakarta, Selasa (20/3/2023). - Ist/dok Diskominfo

Advertisement

MAGELANGPemerintah Kabupaten Magelang terus meningkatkan kualitas pelayanan publik menjadi lebih efektif dan efisien. Salah satu upaya yang dilakukan adalah melalui digitalisasi pelayanan publik memanfaatkan teknologi informasi.

Bupati Magelang, Zaenal Arifin, mengungkapkan digitalisasi pelayanan publik dilakukan mengikuti kebutuhan masyarakat dan menyesuaikan dengan perkembangan teknologi. Pemerintah Kabupaten Magelang telah menerapkan digitalisasi pada SIPD (Sistem Informasi Perangkat Daerah.

Advertisement

"Di tengah kemajuan teknologi, kita harus juga mempersiapkan dengan menjaga data-data yang harus kita rahasiakan. Dunia berubah cepat. Kita harus berhati-hati, manual juga terus disiapkan. Pemkab Magelang siap mengikuti perubahan itu dengan kaidah-kaidah dan etika aturan yang ada," katanya.

Keseriusan Pemerintah Kabupaten Magelang dalam menerapkan digitalisasi pelayanan publik membuahkan prestasi diraihnya penghargaan Digital Government Award “SPBE Summit 2023” kategori Penguatan Kebijakan SPBE Kabupaten dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

Penghargaan diterima oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Magelang, Endra Endah Wacana di Jakarta, Selasa (21/3/2023).

Endra Endah Wacana mengungkapkan Pemkab Magelang melakukan digitalisasi pelayanan publik melalui support aplikasi dan jaringan. Saat ini, sudah ada sembilan aplikasi digital yang bisa dimanfaatkan masyarakat untuk mengakses pelayanan publik dan 12 aplikasi yang akan dibangun baru dan penyempurnaan. Jumlah tersebut belum termasuk aplikasi untuk internal Pemkab Magelang.

"Pemerintah Kabupaten Magelang memiliki programmer-programmer handal, maka dibangunlah aplikasi digital sesuai kebutuhan perangkat daerah untuk pelayanan internal pemerintahan maupun pelayanan publik. Tujuannya, meningkatkan efektivitas dan efisiensi pemerintahan, pelayanan menjadi lebih mudah, lebih murah, lebih cepat dan tepat," katanya, didampingi Kepala Bidang Informatika di Dinas Kominfo, Musokhip.

Selain aplikasi, digitalisasi juga diwujudkan melalui support jaringan internet nirkabel atau wifi di tempat-tempat publik hingga tempat wisata. Dinas Kominfo juga telah membentuk kelompok informasi masyarakat (KIM) di desa-desa untuk meningkatkan literasi digital masyarakat. 

Berikut sembilan aplikasi digital untuk pelayanan publik Pemerintah Kabupaten Magelang

E-PIKIR
Aplikasi yang dibangun Pemerintah Kabupaten Magelang dalam rangka mewujudkan planning by research dan mendukung daya saing daerah melalui kegiatan penelitian dan pengembangan di Kabupaten Magelang. Aplikasi ini melayani Izin Penelitian, Izin Magang dan Izin KKN.

PKK KAB MAGELANG
Aplikasi PKK Kab Magelang berbasis android ini digunakan oleh petugas untuk melakukan perekaman data berkaitan dengan tugas PKK, meliputi data kelahiran, kematian bayi dan balita, data ibu dan data keluarga. Aplikasi ini dapat berjalan dalam keadaan online maupun offline pada saat perekaman data.

E-KIR
Pelayanan Uji KIR kendaraan bermotor dilakukan dengan mengirim pesan ke nomor WhatsApp gateway 0888 0290 7970. Untuk memulai bantuan pelayanan dapat mengirim pesan dengan format “kir", lalu akan mendapatkan balasan bantuan berupa daftar format pesan untuk melakukan pendaftaran dan yang lainnya.

JELAJAH MAGELANG
Aplikasi Jelajah Magelang ini digunakan masyarakat untuk mendapatkan informasi yang berkaitan dengan lokasi wisata, produk dan pemesanan tiket yang mencakup wilayah di Kabupaten Magelang.

JOGOTUK
Jogotuk adalah aplikasi dari DLH yang berfungsi untuk mendata semua mata air yang ada di Kabupaten Magelang. Dengan aplikasi ini, diharapkan data mata air yang meliputi lokasi dan area mata air, kondisi, area penggunaan dapat terpantau.

SE-HATI
Se-Hati adalah website yang menyajikan grafik harga komoditas sebagai bentuk pemantauan pasar dan kebutuhan pokok. Grafik terdiri Harga Harian, Mingguan dan per Pasar. Statistik meliputi harga dan stok.

SIYAP KABUPATEN MAGELANG
Aplikasi layanan cepat tanggap Kabupaten Magelang yang berfungsi untuk melaporkan kejadian darurat di wilayah Kabupaten Magelang. Dengan aplikasi ini masyarakat juga memiliki akses untuk melaporkan kejadian seperti kebakaran dan lainnya.

OLC (Online Legal Consultation)
Pelayanan konsultasi permasalahan hukum untuk aparat sipil negara, pemerintah desa, dan masyarakat secara online di Kabupaten Magelang. Pelayanan konsultasi hukum ini dapat disebut Klinik Hukum Online.

BANK POHON
Aplikasi yang menyediakan data stok bibit pohon yang dimiliki DLH, yang bisa diakses oleh masyarakat umum, bertujuan mempermudah melayani masyarakat yang membutuhkan bibit pohon. (ADV)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Syawalan ke Ponpes dan Panti Asuhan, Pj. Bupati Kulonprogo Salurkan Bantuan

Kulonprogo
| Kamis, 18 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement