Advertisement

Di Tengah Heboh Rafael Alun Trisambodo, Sri Mulyani Berterima Kasih dengan Suara Lirih ke WP

Annasa Rizki Kamalina
Jum'at, 24 Februari 2023 - 22:17 WIB
Bhekti Suryani
Di Tengah Heboh Rafael Alun Trisambodo, Sri Mulyani Berterima Kasih dengan Suara Lirih ke WP Menkeu Sri Mulyani menggelar konferensi pers terkait status pejabat Ditjen Pajak Rafael Alun Trisambodo, Jumat (24/2 - 2023). Dok. Antara

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menuturkan rasa terima kasih kepada masyarakat yang memberikan kepercayaan kepada Kementerian Keuangan, serta kepada para wajib pajak, baik orang pribadi maupun badan. Ucapan terima kasih ini disampaikan di tengah heboh penonaktifan Rafael Alun Trisambodo (RAT) dari pejabat pajak saat hartanya disorot. Rafael Alun Trisambodo sendiri memutuskan mengundurkan diri jadi pegawai pajak setelah pencopotan jabatannya. 

“Saya ingin sampaikan kepada masyarakat Indonesia, terima kasih atas kepercayaan Anda dan dukungan Anda kepada kami, dan juga terima kasih atas kepatuhan anda membayar pajak. Itu adalah sebuah kepatuhan untuk menjaga Indonesia bersama,” ungkapnya dengan nada lirih dalam Konferensi Pers Penanganan Internal RAT, Jumat (24/2/2023). 

Advertisement

BACA JUGA: Ini Alasan Dosen UII Jogja Menghilang dan Diam-Diam ke Amerika Serikat

Pemberitaan terkait Rafael Alun Trisambodo dalam beberapa hari terakhir bermula dari rasa kecewa publik dengan tindakan Mario Dandy (20) yang merupakan anak dari pejabat Direktorat Jenderal Pajak (DJP), Rafael Alun Trisambodo (RAT). Saat tindakan penganiayaan dilakukan Mario kepada David (17), putra Rafael terlihat menggunakan sejumlah kendaraan mewah namun tidak tercantum dalam harta penyelenggara negara. Publik pun ikut mempertanyakan harta kekayaan RAT selain tuntutan penyelesaian secara hukum untuk anaknya. 

Sejumlah suara pun mengemuka, termasuk sikap enggan membayar pajak. Padahal, sebagaimana diketahui, Maret saMpai April setiap tahunnya merupakan masa pelaporan Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan bagi wajib pajak orang pribadi maupun badan. 

“Perilaku itu mencederai seluruh jajaran Kemenkeu yang saya juga yakin mereka semua telah bekerja jujur bersih dan professional. Tindakan yang mengkhianati dan mencederai reputasi dan kepercayaan kepada Kemenkeu dan Ditjen Pajak tidak dapat dibenarkan,” ujarnya. 

Sri Mulyani mengungkapkan bahwa dalam perjalanan membangun Indonesia, kerap ditemui hal-hal yang membuat masyarakat kecewa, marah, bahkan muncul ketidakpercayaan. 

BACA JUGA: Dinilai Layak Jual, Sarkem Jadi Destinasi Wisata Utama Jogja

Meski demikian, hal tersebut tidak boleh mengalahkan niat baik, tindakan, dan komitmen seluruh pihak yang juga memiliki keinginan dalam menjaga dan membangun Indonesia. 

“Saya percaya masyarakat akan memberikan kesempatan kepada kami untuk terus memperbaiki,” katanya. 

Bendahara Negara tersebut juga menegaskan bahwa pajak dan APBN adalah instrumen negara yang merupakan uang bersama. Oleh karena itu pajak yang telah dibayarkan harus dijaga, tidak boleh dikhianti, tidak boleh dicuri, dan tidak boleh disalahgunakan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

AJARAN AGAMA: Generasi Milenial Dinilai Penting Belajar Fikih

Bantul
| Rabu, 24 April 2024, 21:37 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement