Advertisement

Update! Korban Tewas Akibat Gempa Turki Capai 24.150 Orang

Widya Islamiati
Sabtu, 11 Februari 2023 - 23:37 WIB
Abdul Hamied Razak
Update! Korban Tewas Akibat Gempa Turki Capai 24.150 Orang Petugas penyelamat mencari korban selamat di tengah reruntuhan bangunan di Kota Jindayris yang dikuasai pemberontak, Suriah pada 9 Februari. Bloomberg /AFP - Getty Images

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Korban yang ditemukan tewas dalam bencana gempa di Turki terus bertambah. Data terbaru ada 24.150 orang terkonfirmasi tewas akibat gempa yang mengguncang Turki Selatan dan Suriah pada Senin (6/2/2023). 
Dari angka 24.150 korban tewas tersebut, 20.665 di antaranya adalah warga Turki dan 3.485 lainnya adalah korban di Suriah.
Sementara kini, diperkirakan masih banyak korban yang masih berada di bawah reruntuhan bangunan. Sehingga jumlah korban masih akan terus bertambah.
Presiden Turki Tayyip Erdogan menyebut, pihaknya telah berupaya semaksimal mungkin dalam pencarian korban gempa. Namun, menurutnya pencarian tidak bisa dilakukan secepat kilat.
“Meski pun kami memiliki tim pencarian dan penyelamatan terbesar di dunia saat ini, kenyataannya upaya pencarian tidak secepat yang kami inginkan,” kata Erdogan dikutip dari laman Reuters pada Sabtu (11/2/2023).
Selain itu, sekitar 80.000 orang dirawat di rumah sakit, 1,05 juta orang orang kehilangan tempat tinggal akibat gempa, kini meringkuk di tempat pengungsian sementara.
Wakil Presiden Turki Fuat Oktay menyebut, pemerintahnya telah mengirimkan 31.000 penyelamat yang akan menyisir semua wilayah terdampak.
"Tujuan utama kami adalah memastikan bahwa mereka kembali ke kehidupan dengan memberikan perumahan permanen kepada mereka dalam waktu satu tahun, dan mereka menyembuhkan rasa sakit mereka sesegera mungkin," kata Oktay dikutip dari Reuters.
Selain itu, gempa yang terjadi saat musim dingin ini menambah derita warga yang terdampak, selain kekurangan makanan, warga juga kekurangan fasilitas untuk menghangatkan badan sehingga sebagian besar warga menggigil kedinginan.
Bantuan dari berbagai negara telah berdatangan. Bahkan, pasukan PBB dikabarkan telah memasuki wilayah barat laut Suriah dan Turki.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Pembebasan Lahan Tol Jogja-Solo Ruas Maguwo-Trihanggo: 60 Persen Tanah Terdampak di Condongcatur Ditempati Unit Usaha

Jogja
| Rabu, 24 Juli 2024, 09:57 WIB

Advertisement

alt

Ini Dia Surganya Solo Traveler di Asia Tenggara

Wisata
| Kamis, 18 Juli 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement