Advertisement

Truk Semen Tercebur ke Laut, Diduga Kelebihan Muatan

Rahmi Yati
Kamis, 29 Desember 2022 - 19:57 WIB
Arief Junianto
Truk Semen Tercebur ke Laut, Diduga Kelebihan Muatan Truk bermuatan semen tercebur ke laut di Pelabuhan Merak, Rabu (28/12/2022) malam - Ditjen Perhubungan Darat Kemenhub

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA — Sebuah truk bermuatan semen dan diduga overdimension dan overloading (ODOL) jatuh ke laut pada saat pemuatan kendaraan di KMP. Labitra Karina, tepatnya di Dermaga 5, Pelabuhan Penyeberangan Merak, Rabu (28/12/2022) malam.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Hendro Sugiatno mengatakan pada saat pemuatan, truk tersangkut di rampdoor akibat ban serep tersangkut. Namun, dalam kejadian ini dilaporkan tidak ada korban jiwa.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

“Saat pengambilan ban serep karena alur cukup kencang mengakibatkan gardan truk patah," katanya melalui siaran pers, Kamis (29/12/2022).

Dia menjelaskan bahwa sesudah kejadian, usaha evakuasi telah dilakukan dengan menggunakan mobil derek dan menarik dengan truk lain. Akan tetapi, sambung Hendro, karena truk dalam keadaan terjepit evakuasi tidak berhasil. "Pada pukul 22.38 WIB truk tercebur ke laut. Dalam kejadian ini tidak ada korban jiwa,” ujar dia.

BACA JUGA: Melintas di DIY, Ratusan Truk Over Dimensi Diberi Surat Peringatan

Lebih lanjut, dia menuturkan, usai kejadian tersebut telah dilakukan koordinasi dengan sejumlah stakeholder terkait, seperti PT ASDP Indonesia Ferry (Persero), Kepolisian, operator, dan Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah VIII Provinsi Banten.

Kendati Hendro memastikan kondisi dermaga dan movable bridge saat ini aman, truk yang membawa muatan semen itu saat ini sedang diselidiki apakah memang membawa muatan berlebih atau tidak.

"Kami juga sudah meminta pada petugas di lapangan untuk bertindak tegas kepada truk yang akan menyeberang jika terlihat melanggar batas dimensi dan muatan,” tegasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Fasyankes Dukung Usia Harapan Hidup Lansia Kota Jogja Meningkat

Jogja
| Minggu, 29 Januari 2023, 23:47 WIB

Advertisement

alt

Tanggal Tua tapi Pengin Piknik? Bisa kok

Wisata
| Minggu, 29 Januari 2023, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement