Advertisement

Kenalkan, Ada Desa Youtuber di India

Sirojul Khafid
Senin, 10 Oktober 2022 - 18:37 WIB
Sirojul Khafid
Kenalkan, Ada Desa Youtuber di India Suasana pembuatan konten di Tulsi, Chhattisgarh, India. - Oddity Central

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Tulsi, sebuah desa kecil di negara bagian Chhattisgarh, India, dikenal sebagai Desa YouTube. Sepertiga dari 3.000 penduduknya merupakan content creator yang menjadikannya sebagai ruang mencari nafkah.

Banyak dari content creator ini dulunya adalah petani. Tetapi setelah mendengar bahwa beberapa rekan mereka telah melipatgandakan, bahkan tiga kali lipat pendapatan mereka dengan membuat video YouTube, mereka memutuskan bahwa sudah waktunya untuk perubahan karir.

Advertisement

Kisah Desa YouTube India ini dimulai dengan dua orang teman, Gyanendra Shukla dan Jai Verma. Mereka meninggalkan pekerjaan lamanya sebagai insinyur jaringan dan guru. Tak lama kemudian, Gyanendra Shukla dan Jai Verma mulai mendapatkan cukup banyak uang dari usaha baru mereka. Kabar keberhasilan mereka menyebar ke seluruh desa, menginspirasi orang lain untuk mengikuti jejak mereka.

“Saya bekerja di SBI sebelumnya, sebagai insinyur jaringan. Kantor saya memiliki internet berkecepatan tinggi dan saya biasa menonton video YouTube di sana,” kata Shukla, dikutip dari Oddity Central, Jumat (30/10/2022). “Saya sudah menyukai film. Pada 2011-12, versi baru YouTube diluncurkan. Pada saat itu, ada sangat sedikit saluran di Youtube. Saya tidak puas dengan pekerjaan 9 sampai 5 saya. Jadi saya meninggalkan pekerjaan dan mulai dengan YouTube.”

Sekitar 40 persen penduduk desa kini terlibat dalam pembuatan konten video untuk platform seperti YouTube, TikTok atau Instagram. Rentang usia termuda 15 tahun dan tertua nenek 85 tahun. Sebanyak 40 atau lebih saluran utama yang berbasis di desa Tulsi berkisar dari komedi dan musik hingga pendidikan. Channel Youtube paling populer berjumlah lebih dari 100.000 pelanggan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Oddity Central

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Potensi Wisata Offroad Mulai Diminati Segmen Komunitas dan Keluarga di Jogja

Jogja
| Sabtu, 27 April 2024, 09:47 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement