Advertisement

Minyak Mentah Melemah di Awal Agustus, Data Ekonomi China Mengkhawatirkan

Aprianto Cahyo Nugroho
Senin, 01 Agustus 2022 - 08:37 WIB
Sirojul Khafid
Minyak Mentah Melemah di Awal Agustus, Data Ekonomi China Mengkhawatirkan Kilang minyak lepas pantai di Skotlandia - Bloomberg/Jason Alden

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Harga minyak mentah melemah pada awal perdagangan pekan ini, Senin (1/8/2022). Data ekonomi China yang buruk menambah kekhawatiran bahwa perlambatan global dapat melemahkan permintaan.

DIlansir Bloomberg, harga minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) untuk kontrak pengiriman September melemah 0,5 persen menjadi US$98,12 per barel di New York Mercantile Exchange pada pukul 5.44 WIB. Sementara itu, harga minyak brent Brent untuk kontrak Oktober terpantau melemah 0,3 persen ke level US103,71 per barel di ICE Futures Europe exchange.

WTI melemah menuju US$98 per barel setelah tenggelam hampir 7 persen sepanjang Juli 2022, sekaligus mencatat pelemahan bulanan berturut-turut pertama sejak akhir 2020. Data akhir pekan menunjukkan kontraksi mengejutkan dalam aktivitas manufaktur China, menyoroti dampak dari kebijakan pemerintah China untuk memperketat pembatasan mobilitas guna mengatasi Covid-19.

BACA JUGA: Jatuh Menghantam Bumi, Roket China Terbakar di Samudra Hindia

Sementara itu di Libya, Menteri Permiyakan Mohamed Oun mengatakan produksi minyak mentah telah pulih setelah serangkaian gangguan yang mengurangi lebih dari separuh pasokan. Produksi telah kembali ke 1,2 juta barel per hari, level yang terakhir yang dicapai pada awal April.

Harga minyak terus bergejolak dalam beberapa bulan terakhir karena kekhawatiran tentang perlambatan melukai permintaan komoditas bahkan ketika sinyal yang mendasari menunjukkan kondisi fisik yang masih ketat.

Data pekan lalu menunjukkan ekonomi AS menyusut untuk kuartal kedua, sementara Federal Reserve menaikkan suku bunga sebesar 75 basis poin.

BACA JUGA: Tahun Ini, Telkom Diramal Raup Rp151,5 Triliun

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Streaming Starjoja FM
alt

Tingkatkan Kompetensi, Hotel Harper Malioboro Yogyakarta Berikan Pelatihan Kepada Siswa Siswi SMKN 1 Saptosari

Jogja
| Rabu, 10 Agustus 2022, 16:47 WIB

Advertisement

alt

Dulu Dipenuhi Perdu Liar, Kini Pantai Goa Cemara Jadi Primadona Baru Wisata di Bantul

Wisata
| Senin, 08 Agustus 2022, 15:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement