Advertisement

Elon Musk Disebut Bakal Investasi di Indonesia, Sektor Apa?

Jaffry Prabu Prakoso
Kamis, 19 Mei 2022 - 11:37 WIB
Bhekti Suryani
Elon Musk Disebut Bakal Investasi di Indonesia, Sektor Apa?  Menteri Investasi - Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia

Advertisement

Bisnis.com, JAKARTA – Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Bahlil Lahadalia mengatakan bahwa orang terkaya di dunia Elon Musk akan berinvestasi di Indonesia. Pemilik mobil listrik Tesla ini akan menanamkan modal pada dua sektor.

“Dia akan masuk pada dua bagian investasi besar. Pertama ekosistem baterai mobil. Kedua mobilnya,” katanya pada konferensi pers melalui virtual dikutip Kamis (19/5/2022).

Advertisement

Bahlil menjelaskan waktu realisasi investasi Tesla masih belum bisa diumumkan. Begitu pula dengan nominal yang akan masuk ke Indonesia.

Alasannya, tanda tangan kerja sama belum dilakukan. Meski begitu, dia pastikan hal tersebut akan terjadi tahun ini.

Keinginan menggaet Tesla, tambah Bahlil, merupakan arahan langsung dari Presiden Joko Widodo. Kepala Negara juga memerintahkan agar perusahaan mobil listrik lainnya, Foxconn juga bisa masuk ke Indonesia.

BACA JUGA: THR Karyawan Dunkin Donuts Nunggak 2 Tahun

Setelah itu, dua menteri Jokowi dibagi tugas. Bahlil mengurus Foxconn. Sebaliknya, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan melobi Musk.

“Rayuan kita Foxconn bisa masuk. Tesla masih tarik ulur. Tapi alhamdulillah berkat tangan dingin dan intuisi Presiden, Tesla insyaallah masuk ke Indonesia,” jelasnya.

Sementara itu, pemerintah akan menjadikan Solo Technopark, Solo, Jawa Tengah sebagai instrumen terpenting. Khusus untuk Foxconn, rencananya perusahaan hanya akan melakukan perakitan di Indonesia dan materialnya tidak dibawa ke luar.

Nantinya, mereka akan membawa tenaga ahli untuk memberikan pelatihan kepada tenaga kerja dalam negeri.

Sedangkan untuk Tesla, Bahlil menuturkan bahwa sebagian pabrik akan berlokasi berdekatan dengan Solo, yakni Batang.

“Jadi nanti UMKM kita akan bisa berkembang. Ini yang kita pingin ada investasi yang masuk tapi berkolaborasi dengan pengusaha daerah dan UMKM agar tumbuh bersama-sama. Ini yang sedang kita lakukan. Dan Batang akan menjadi satu kawasan terintegrasi yang mendekatkan pada tol, Kota Semarang, dan pelabuhannya yang sekarang sudah dibangun pelabuhannya,” ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Disnakertrans DIY Mengklaim Kepatuhan Perusahaan Bayar THR Meningkat

Jogja
| Kamis, 18 April 2024, 14:27 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement