Advertisement

Elon Musk Disebut Bakal Investasi di Indonesia, Sektor Apa?

Jaffry Prabu Prakoso
Kamis, 19 Mei 2022 - 11:37 WIB
Bhekti Suryani
Elon Musk Disebut Bakal Investasi di Indonesia, Sektor Apa? Menteri Investasi - Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia

Advertisement

Bisnis.com, JAKARTA – Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Bahlil Lahadalia mengatakan bahwa orang terkaya di dunia Elon Musk akan berinvestasi di Indonesia. Pemilik mobil listrik Tesla ini akan menanamkan modal pada dua sektor.

“Dia akan masuk pada dua bagian investasi besar. Pertama ekosistem baterai mobil. Kedua mobilnya,” katanya pada konferensi pers melalui virtual dikutip Kamis (19/5/2022).

Bahlil menjelaskan waktu realisasi investasi Tesla masih belum bisa diumumkan. Begitu pula dengan nominal yang akan masuk ke Indonesia.

Alasannya, tanda tangan kerja sama belum dilakukan. Meski begitu, dia pastikan hal tersebut akan terjadi tahun ini.

Keinginan menggaet Tesla, tambah Bahlil, merupakan arahan langsung dari Presiden Joko Widodo. Kepala Negara juga memerintahkan agar perusahaan mobil listrik lainnya, Foxconn juga bisa masuk ke Indonesia.

BACA JUGA: THR Karyawan Dunkin Donuts Nunggak 2 Tahun

Setelah itu, dua menteri Jokowi dibagi tugas. Bahlil mengurus Foxconn. Sebaliknya, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan melobi Musk.

“Rayuan kita Foxconn bisa masuk. Tesla masih tarik ulur. Tapi alhamdulillah berkat tangan dingin dan intuisi Presiden, Tesla insyaallah masuk ke Indonesia,” jelasnya.

Sementara itu, pemerintah akan menjadikan Solo Technopark, Solo, Jawa Tengah sebagai instrumen terpenting. Khusus untuk Foxconn, rencananya perusahaan hanya akan melakukan perakitan di Indonesia dan materialnya tidak dibawa ke luar.

Nantinya, mereka akan membawa tenaga ahli untuk memberikan pelatihan kepada tenaga kerja dalam negeri.

Advertisement

Sedangkan untuk Tesla, Bahlil menuturkan bahwa sebagian pabrik akan berlokasi berdekatan dengan Solo, yakni Batang.

“Jadi nanti UMKM kita akan bisa berkembang. Ini yang kita pingin ada investasi yang masuk tapi berkolaborasi dengan pengusaha daerah dan UMKM agar tumbuh bersama-sama. Ini yang sedang kita lakukan. Dan Batang akan menjadi satu kawasan terintegrasi yang mendekatkan pada tol, Kota Semarang, dan pelabuhannya yang sekarang sudah dibangun pelabuhannya,” ucapnya.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Streaming Starjoja FM
alt

Mengenal Sikapiten Oke! Layanan Baru Pemkab Bantul

Bantul
| Rabu, 10 Agustus 2022, 23:37 WIB

Advertisement

alt

Kedung Pengilon, Tak Hanya Jadi Tempat Wisata, Tapi untuk Ritual

Wisata
| Rabu, 10 Agustus 2022, 19:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement