Advertisement

Cara Mendapatkan Obat Gratis untuk Pasien Isoman Covid-19

Intan Riskina Ichsan
Rabu, 16 Februari 2022 - 23:37 WIB
Bhekti Suryani
Cara Mendapatkan Obat Gratis untuk Pasien Isoman Covid-19 Ilustrasi Obat COvid-19. - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA — Bagi pasien isolasi mandiri (isoman) yang terkonfirmasi covid-19 varian omicron bisa mendapatkan paket obat gratis dan layanan telekonsultasi.

Hal ini bisa didapatkan melalui layanan telemedisin isoman yang dapat diakses melalui https://isoman.kemkes.go.id/. Saat ini Kementerian Kesehatan RI telah bekerja sama dengan 17 platform telemedicine, yaitu Aido Health, Alodokter, GetWell, Good Doctor, Halodoc, Homecare24, KlikDokter, KlinikGo, Lekasehat, LinkSehat, Mdoc, Milvik Dokter, ProSehat, SehatQ, Trustmedis, Vascular Indonesia, dan YesDok.

Advertisement

Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin mengatakan bahwa layanan ini akan memudahkan pasien isoman serta pasien kritis di rumah sakit.

“Dengan layanan telemedisin ini semua pasien Covid-19 konfirmasi positif mendapatkan layanan medis tepat waktu, tanpa perlu antre di RS. Dengan demikian layanan rumah sakit depan diprioritaskan untuk pasien dengan gejala sedang dan berat/kritis,” jelasnya.

Untuk mendapatkan layanan ini, pasien harus melakukan tes PCR di laboratorium yang telah terafiliasi dengan sistem New All Record (NAR) Kementerian Kesehatan.

Jika hasilnya positif dan laboratorium penyedia layanan tes COVID-19 melaporkan data hasil pemeriksaan ke database Kementerian Kesehatan (NAR), maka pasien akan menerima pesan Whatsapp dari Kemenkes RI dengan centang hijau secara otomatis.

Jangan khawatir, jika pasien tidak mendapatkan WA pemberitahuan maka bisa memeriksa NIK secara mandiri di situs yang sama.

Setelah dapat WA pemberitahuan, pasien bisa melakukan konsultasi secara daring dengan dokter di salah satu dari 17 layanan telemedicine. Caranya tekan link yang ada di pesan WA dari Kemenkes atau di link yang muncul saat pengecekan NIK mandiri di situs https://isoman.kemkes.go.id/panduan, lalu memasukkan kode voucher supaya bisa konsultasi dan dapat paket obat gratis.

Selesai konsultasi, dokter akan memberikan resep digital sesuai kondisi pasien dan resep dapat ditebus melalui https://isoman.kemkes.go.id/pesan_obat. Hanya pasien dengan kategori Layak isoman (dengan kondisi tanpa gejala atau ringan), yang akan mendapatkan obat dan vitamin secara gratis.

BACA JUGA:Alert! Zona Hijau di Sleman Tinggal 6 Desa, 61 Lainnya Zona Merah

Obat gratis yang didapatkan pasien berupa Paket A untuk pasien tanpa gejala, terdiri dari multivitamin C, B, E, dan Zinc 10 tablet, serta Paket B untuk pasien bergejala ringan terdiri dari multivitamin C, B, E, dan Zinc 10 tablet, Favipiravir 200mg 40 kapsul, atau Molnupiravir 200 mg – 40 tab dan parasetamol tablet 500mg jika dibutuhkan.

Obat-obat tersebut disiapkan oleh Kimia Farma dan dikirim oleh Si Cepat.

Adapun sasaran layanan telemedicine isoman perawatan Omicron adalah bagi pasien positif Omicron tanpa gejala atau gejala ringan, berusia minimal 18 tahun, kondisi rumah layak Isoman, diperiksa di wilayah Jabodetabek, dan berdomisili di Jabodetabek.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Tidak Berizin, Satpol PP Jogja Menyegel Empat Reklame Papan Nama Toko

Jogja
| Jum'at, 19 April 2024, 15:27 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement