Advertisement

Menteri Budi Karya: PT Inka Produksi Bus Listrik untuk KTT G20

Aprianus Doni Tolok
Sabtu, 01 Januari 2022 - 14:27 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Menteri Budi Karya: PT Inka Produksi Bus Listrik untuk KTT G20 Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (kanan) bersama Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution menyampaikan keterangan terkait penurunan harga tiket pesawat, di Jakarta, Kamis (20/6/2019). - Bisnis/Abdullah Azzam

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA-Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan PT Industri Kereta Api (INKA) akan membuat bus listrik yang nanti akan disiapkan untuk perhelatan KTT G20 di Bali dan juga  kontainer untuk kapal tol laut di wilayah Indonesia Timur.

“Semua itu adalah barang produktif yang memberikan dukungan investasi, dalam rangka meningkatkan pertumbuhan ekonomi," kata Mehub saat menyaksikan pelepasan secara simbolis ekspor tahap pertama sebanyak 262 gerbong barang jenis container flat top wagon ke Selandia Baru, Jumat (31/12/2021).

Advertisement

Sementara itu, Menhub mengunjungi kantor PT Inka di Madiun, Jawa Timur, Jumat (31/12), untuk menyaksikan pelepasan secara simbolis ekspor tahap pertama sebanyak 262 gerbong barang jenis container flat top wagon ke Selandia Baru.

Menhub menyatakan kebanggaannya atas capaian dari PT INKA yang telah mampu menciptakan produk yang mampu bersaing di pasar Internasional.

Baca juga: 2022 Tiba, Ini Perkembangan Status Gunung Merapi

“Kita harus bangga, anak bangsa mampu mengekspor produk yang memiliki nilai strategis dan ekonomi yang tinggi,” ujar Budi.

Menhub juga mengungkapkan, PT INKA tidak hanya membuat gerbong kereta api, tetapi juga membuat bus listrik yang nanti akan disiapkan untuk perhelatan KTT G20 di Bali dan pembuatan kontainer untuk kapal tol laut di wilayah Indonesia Timur.

“Semua itu adalah barang produktif yang memberikan dukungan investasi, dalam rangka meningkatkan pertumbuhan ekonomi,” imbuhnya.

Menhub berpesan kepada PT INKA agar terus dapat menjaga kualitas dan harga, yang dapat meningkatkan daya saing produknya di luar negeri.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama (Dirut) PT INKA Budi Noviantoro mengatakan, pemesan gerbong barang dari PT INKA yaitu perusahaan Kiwi Rail, BUMN di Selandia Baru yang bergerak sebagai operator transportasi perkeretaapian dan juga sebagai operator feri antarpulau terbesar di negara tersebut.

“Masih ada beberapa paket kerja sama yang akan kita perjuangkan. Semoga PT INKA mendapatkan proyek selanjutnya,” ujar Dirut INKA.

Dia berharap ekspor ini menjadi langkah besar Indonesia dalam hal ini khususnya INKA untuk kembali mengambil peran di pasar kereta api di wilayah Oseania.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Puluhan Kilogram Bahan Baku Petasan Disita Polres Bantul

Bantul
| Kamis, 28 Maret 2024, 21:27 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement