Ahok: Alasan Kesehatan, Premium Segera Dihapus

Komisaris Utama PT Pertamina (Persero) Basuki Tjahaja Purnama. - Antara
01 Januari 2022 13:37 WIB Muhammad Ridwan News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – Komisaris Utama PT Pertamina (Persero) Basuki Tjahaja Purnama mendukung rencana penghapus bahan bakar minyak (BBM) jenis Premium yang memiliki RON 88 dari peredarannya. Rencana itu segera direalisasikan.

Basuki yang akrab disapa Ahok itu mengatakan bahwa peredaran Premium memang sudah seharusnya dihentikan, karena terkait dengan regulasi yang ditetapkan pemerintah. Selain itu, aspek kesehatan masyarakat yang ditimbulkan dari penggunaan BBM itu juga menjadi alasannya.

“Sesuai Peraturan Menteri LHK [Lingkungan Hidup dan Kehutanan] memang harus hilang, karena oktannya 88, bahaya [buat] kesehatan,” katanya kepada JIBI, Kamis (30/12/2021).

Ahok menuturkan bahwa dirinya telah menerima laporan mengenai rencana penghapusan BBM jenis Premium. Hanya saja, teknis pelaksanaannya sudah ada di jajaran Direksi Pertamina.

“Premium akan dihapus,” ujarnya.

Sebelumnya, pemerintah menyatakan bakal menggantikan penggunaan Premium dengan Pertalite pada masa peralihan agar masyarakat menggunakan bahan bakar yang lebih ramah lingkungan.

Direktur Pembinaan Usaha Hilir Migas Soerjaningsih mengatakan bahwa pemerintah secara serius terus berupaya memperbaiki kondisi lingkungan dengan mendorong penggunaan BBM yang memiliki RON 90 atau Pertalite sebagai bahan bakar antara menuju BBM yang ramah lingkungan.

“Kita memasuki masa transisi, di mana Premium [RON 88] akan digantikan dengan Pertalite, sebelum akhirnya kita akan menggunakan BBM yang ramah lingkungan,” jelasnya.

Sumber : JIBI/Bisnis.com