Advertisement

Awas! Gejala Kadar Trigliserida Tinggi, Bahaya untuk Jantung

Mia Chitra Dinisari
Minggu, 31 Oktober 2021 - 17:17 WIB
Sunartono
Awas! Gejala Kadar Trigliserida Tinggi, Bahaya untuk Jantung Ilustrasi mengecek kadar kolesterol tinggi dalam darah - Freepik.com

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Secara umum, trigliserida tinggi tidak menimbulkan gejala yang berlebihan, tetapi menyebabkan kemunduran pada organisme yang dapat diidentifikasi melalui pemeriksaan medis.

Trigliserida adalah partikel lemak yang ada dalam darah dan yang direproduksi ketika kita makan dan tubuh kita mengubah menjadi trigliserida semua kalori yang tidak kita butuhkan segera dalam lemak ini.

Advertisement

Ini disimpan dalam sel-sel lemak dan kemudian, hormon melepaskannya untuk menyediakan energi bagi tubuh kita. Jika Anda mengonsumsi lebih banyak kalori daripada yang Anda bakar, terutama dari makanan kaya karbohidrat, ada kemungkinan Anda akan memiliki trigliserida tinggi dan dapat menyebabkan hipertrigliseridemia.

BACA JUGA : Begini Cara Cek Kesehatan Jantung di Rumah dalam Waktu

Masalah utama yang disebabkan oleh kadar trigliserida yang tinggi berkaitan dengan kesehatan hati, jantung dan pankreas, sehingga sangat penting untuk membatasi asupan makanan yang memiliki jenis lemak ini dalam jumlah banyak.

Tingkat trigliserida yang benar

Jika kita perlu memeriksa apakah kita memiliki kadar trigliserida tinggi, kita harus menjalani tes darah. Faktanya, memiliki kadar trigliserida yang tidak terkontrol dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius, jadi jika kita memiliki gambaran hipertrigliseridemia kita harus mengambil tindakan yang diperlukan: Diet seimbang dan banyak olahraga.

Ini adalah tingkat kadar trigliserida yang harus Anda ketahui :

Kurang dari 150 mg/dL: Diinginkan.
150-199 mg/dL: Pada batas atas
200-499 mg/dL: Tinggi
500 mg/dL atau lebih: Sangat tinggi

4 gejala trigliserida tinggi

Seperti yang kami katakan di awal, sebagian besar gejala trigliserida diam. Mereka mungkin di luar kendali dalam darah kita, tetapi kita hampir tidak menyadarinya.

Namun, ketika kadar ini naik dan bercampur dengan sejumlah faktor genetik, kita mungkin mulai memperhatikan gejala-gejala tertentu yang tidak terlalu jelas, tetapi mungkin memberi kita petunjuk yang perlu kita sadari bahwa trigliserida kita di luar kendali:

1. Bola-bola kecil lemak di kelopak mata, berwarna kekuningan dan disebut xanthelasma.
2. Bintik-bintik putih pada retina.
3. Bola-bola kecil lemak di kulit yang disebut xanthomas, terutama terletak di tangan, lengan, kaki dan persendian.
4. Penumpukan lemak di daerah perut dan bagian tubuh lainnya.

BACA JUGA : 5 Langkah Mudah Menjaga Kesehatan Jantung

Perubahan ini harus diidentifikasi sesegera mungkin, melalui konsultasi dengan dokter, dan pengobatannya harus dilakukan sesegera mungkin, untuk menghindari komplikasi lain yang lebih serius seperti aterosklerosis, pankreatitis atau steatosis hati.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Kembali Tampil di Pilkada Gunungkidul Tahun Ini, Ini Gagasan yang Diusung Sutrisna Wibawa

Gunungkidul
| Jum'at, 29 Maret 2024, 20:17 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement