Ini 7 Makanan dan Minuman yang Bisa Bantu Atasi Dehidrasi

Ilustrasi buah kelapa - JIBI/Bisnis.com
09 Juli 2021 10:47 WIB Sartika Nuralifah News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Dehidrasi terjadi karena hilangnya lebih banyak cairan dalam tubuh dan kurangnya cairan yang Anda konsumsi.

Banyak hal yang dapat menyebabkan Anda mengalami dehidrasi, termasuk panas, obat-obatan, gangguan pencernaan, dan kelelahan.

Anda mungkin merasa pingsan, pusing, haus, lelah, atau mulut kering atau kesulitan fokus. Untungnya, ada lebih dari sekadar air untuk diselamatkan.

Faktanya, beberapa makanan dan minuman dapat membantu Anda rehidrasi, berikut ini adalah 7 makanan dan minuman yang bermanfaat saat Anda dehidrasi.

1. Air Kelapa

Saat Anda mengalami dehidrasi, tubuh Anda membutuhkan lebih dari sekadar cairan untuk mendapatkan kembali keseimbangannya. Dalam kebanyakan kasus, Anda juga harus mengisi kembali elektrolit yang hilang dalam cairan dari tubuh, seperti keringat dan urin. Elektrolit adalah mineral yang dibutuhkan tubuh Anda untuk fungsi-fungsi penting, seperti keseimbangan cairan yang tepat dan menjaga detak jantung Anda dalam ritme yang teratur. Beberapa yang paling umum adalah sodium, kalsium, magnesium, kalium.

Air kelapa sangat bagus untuk diminum saat Anda mengalami dehidrasi, karena menyediakan air yang sangat dibutuhkan dan memasok elektrolit dan beberapa karbohidrat. Ini sangat penting jika Anda mengalami dehidrasi dan tidak dapat menahan banyak hal lain.

Ini juga dapat membantu mencegah kram otot. Satu studi menemukan bahwa air kelapa mengisi kembali cairan yang hilang selama berolahraga seefisien minuman olahraga. Namun, partisipan lebih sering melaporkan bahwa mereka merasa kembung dan sakit perut yang lebih besar setelah mengonsumsi air kelapa.

Jika Anda mengalami mual atau muntah, pastikan untuk menyesap perlahan air kelapa Anda. Menenggaknya bisa membuat perut Anda sakit. Juga, periksa bahan untuk tambahan gula atau rasa. Seharusnya tidak lebih dari air kelapa yang tercantum pada label.

2. Kaldu dan sup

Seperti air kelapa, kaldu dan sup memberikan kandungan air dan elektrolit yang tinggi. Kombinasi ini adalah kunci dalam rehidrasi. Terlebih lagi, kaldu tulang dan sup lainnya dengan protein hewani juga menyediakan kolagen. Ini adalah protein yang berasal dari hewan yang penting untuk kesehatan persendian, yang mungkin sangat penting jika dehidrasi Anda disebabkan oleh aktivitas yang berlebihan.

Namun, tubuh dapat membuat kolagen dari banyak sumber protein lain juga. Jika Anda membuat kaldu tulang di rumah, ingatlah bahwa memasaknya selama lebih dari 8 jam akan meningkatkan kandungan kalsium dan magnesiumnya. Mineral ini penting untuk tulang dan otot, masing-masing.

Sementara natrium adalah elektrolit penting untuk diisi kembali saat Anda mengalami dehidrasi, mengonsumsi terlalu banyak dikaitkan dengan masalah jantung dan tekanan darah tinggi. Para ahli menyarankan untuk membatasi asupan natrium Anda menjadi 1.500–2.300 mg per hari

3. Semangka, melon, dan lain-lain

Buah-buahan dan sayuran memiliki kandungan air yang tinggi dan bisa menjadi pilihan yang bagus untuk menjaga Anda tetap terhidrasi. Ini terutama berlaku untuk buah-buahan seperti semangka, melon, dan melon. Ini semua memiliki kandungan air yang sangat tinggi, menjadikannya pilihan terbaik saat Anda mengalami dehidrasi.

Satu cangkir (152 gram) porsi semangka mentah yang dipotong dadu, misalnya, mengandung hampir 92% (139 mL) air. Cantaloupe dan honeydew serupa, dengan kandungan air sekitar 90% dalam satu porsi. Menyimpan melon di lemari es dapat membantu mendinginkan Anda jika dehidrasi disebabkan oleh panas. Anda juga dapat membekukan melon dan menggunakannya untuk mengisap jika Anda mengalami mual. Metode ini akan lebih lembut memasukkan cairan ke dalam sistem Anda jika Anda sakit perut.

4. Gazpacho

Gazpacho adalah sup tomat dan sayuran mentah yang populer di Spanyol dan Portugal, terutama di bulan-bulan musim panas. Bahan utamanya – tomat – termasuk dalam daftar makanan yang menghidrasi. Selain kandungan air 94%, tomat mentah memberikan 9% DV untuk kalium dan hanya 33 kalori dalam setiap porsi 1 cangkir (180 gram). Mendapatkan cukup kalium penting untuk mengelola tekanan darah dan menangkal penyakit jantung. Sementara tomat secara botani adalah buah, orang cenderung memperlakukannya seperti sayuran di dapur.

Untuk membuat gazpacho, Anda dapat memblender tomat mentah bersama mentimun dingin, sepotong paprika, minyak zaitun, bawang putih, bawang merah, dan sedikit garam dan merica dan Anda mendapatkan hidangan yang menyegarkan dan menghidrasi. Terlebih lagi, karena ini adalah sup mentah, Anda mendapatkan semua kandungan air dari buah dan sayuran ini yang mungkin menguap melalui proses memasak.

5. Smoothie

Smoothie adalah cara yang sangat dapat disesuaikan untuk mendapatkan lebih banyak cairan saat Anda mengalami dehidrasi. Ini biasanya mengambil basis cair, seperti susu, jus, atau es teh tanpa pemanis, ditambah segenggam buah dan sayuran, dan kadang-kadang yogurt untuk tambahan protein. Anda juga dapat menggunakan susu nabati atau bubuk protein sebagai pengganti produk susu. Hasilnya adalah cara yang lembut, manis, menyegarkan untuk mengisi kembali cairan yang hilang.

Smoothie berry mengandung banyak vitamin C, yang penting untuk sistem kekebalan tubuh yang sehat. Ini sangat penting jika dehidrasi Anda disebabkan oleh demam atau infeksi. Jika perut Anda terasa perih, coba tambahkan jahe atau mint ke dalam campuran Anda. Penelitian telah menunjukkan ini membantu menangkal mual dan mengurangi gangguan pencernaan. Tambahkan es untuk membuat smoothie Anda lebih dingin jika Anda merasa mual. Makanan dingin cenderung kurang berbau, yang mungkin berguna jika bau tertentu memicu mual untuk Anda.

6. Susu

Segelas susu memberikan cairan serta protein, karbohidrat, dan sedikit lemak. Ini adalah pilihan yang baik untuk rehidrasi karena mengandung banyak elektrolit yang bermanfaat.

Susu juga mengandung sedikit natrium, yang dapat membantu tubuh Anda menahan lebih banyak cairan. Satu percobaan pada 72 pria dewasa menemukan bahwa susu lebih menghidrasi daripada air 3-4 jam setelah dikonsumsi. Ini karena nutrisi tambahan dalam susu, seperti laktosa, natrium, dan kalium, membantu tubuh Anda memperlambat laju penyerapan cairan dan seberapa cepat cairan ini diekskresikan dalam urin. Susu adalah pilihan yang baik jika Anda mengalami nafsu makan yang buruk atau mual. Minumlah dingin jika Anda terlalu kepanasan, atau gunakan untuk mengisi kembali kalori dan cairan setelah berolahraga.

7. Tzatziki

Saus Yunani ini dibuat dengan yogurt dan mentimun. Yogurt sendiri memiliki kandungan air yang tinggi (85%) dan banyak sekali manfaat yang sama dengan susu. Ini juga mengandung beberapa probiotik, yang merupakan bakteri usus yang ramah. Mentimun juga menghidrasi. Ini terdiri dari 85% air. Jika Anda membuat tzatziki di rumah, tinggalkan langkah menyaring mentimun. Ini akan menghasilkan konsistensi yang lebih cair, tetapi ini akan membantu mempertahankan semua kandungan air yang luar biasa yang alami untuk mentimun. Sajikan bersama wortel mentah yang sudah dicuci bersih, tomat ceri, dan mentimun.

Cara Mencegah Dehidrasi

Beberapa orang lebih berisiko mengalami dehidrasi daripada yang lain. Kelompok berisiko tinggi termasuk anak-anak, orang dewasa yang lebih tua, atlet, dan orang-orang yang bekerja di luar ruangan atau tinggal di ketinggian. Beberapa kondisi dapat menyebabkan dehidrasi, termasuk demam, muntah, diare, buang air kecil secara berlebihan, berkeringat karena terlalu banyak aktivitas fisik.

Untuk mencegah dehidrasi, pastikan untuk minum cukup air, makan makanan yang kaya akan air, dan perhatikan warna urin Anda. Warnanya harus berkisar dari kuning muda, seperti limun, hingga kuning pucat. Urin yang lebih gelap adalah tanda dehidrasi.

Hindari alkohol, kafein, soda, atau minuman manis karena dapat membuat Anda semakin dehidrasi. Jika Anda memiliki masalah ginjal, makanan dalam daftar ini mungkin tidak tepat untuk Anda, dan profesional kesehatan mungkin perlu memantau asupan elektrolit dan nutrisi Anda dengan cermat. Jika Anda mengalami dehidrasi parah, segera cari bantuan dari profesional kesehatan. Dehidrasi berat adalah keadaan darurat medis.

Sumber : JIBI/Bisnis.com