Nakes Terus Berguguran, Epidemiolog Minta Vaksinasi Ketiga

Ilustrasi-Harian Jogja - Abdul Hamid Razak
07 Juli 2021 18:47 WIB Mutiara Nabila News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – Tim Mitigasi Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (IDI) mengumumkan kematian tenaga kesehatan terus terjadi di tengah lonjakan kasus Covid-19.

Epidemiolog FKM UI Pandu Riono minta agar tenaga kesehatan bisa segera mendapat vaksin ketiga. “Perlu Vaksinasi ke 3 bagi Nakes sekarang juga. @BudiGSadikin @jokowi,” tulisnya melalui akun Twitter @drpriono1, Rabu (7/7/2021).

Tanggapan epidemiolog yang cukup aktif di medsos tersebut keluar setelah tim mitigasi PB IDI mengeluarkan data bahwa dalam 5 hari terakhir ada 11 dokter di Jawa Timur yang gugur akibat menangani virus Corona.

Sementara itu, secara nasional sudah 434 dokter di Indonesia yang meninggal dunia selama penanganan Covid-19 di Indonesia sampai dengan Senin (5/7/2021).

Perinciannya, kematian terbanyak dicatatkan dokter umum 241 orang termasuk 4 guru besar, dokter spesialis 188 orang termasuk 20 guru besar, dan dokter residen 5 orang.

Pada sejak penurunan kematian nakes pada Mei sebanyak 7 orang, angka kematian nakes naik tajam sampai 48 orang pada Juni, dan 11 orang selama Juli, yang baru berjalan sepekan.

Sumber : JIBI/Bisnis.com