Jokowi: Covid-19 Akan Mental Jika 70 Persen Warga Sudah Divaksin

Presiden Joko Widodo menyampaikan keterangan pers usai meninjau pelaksanaan vaksinasi massal Covid-19 di Pendopo Delta Wibawa, Kabupaten Sidoarjo, Jatim, Senin (22/3/2021)/BPMI Setpres - Laily Rachev
25 Maret 2021 12:07 WIB Rayful Mudassir News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengapresiasi pelaksanaan vaksinasi yang terus digalakkan di semua daerah. Jokowi mengatakan bahwa Covid-19 akan mental dan tidak lagi menular di masyarakat apabila 70 persen warga telah menjalani vaksinasi Covid-19.

Hal itu disampaikan Jokowi saat meninjau pelaksanaan vaksinasi bagi nelayan di Kabupaten Maluku Tengah, Maluku, Kamis (25/3/2021). Dia menyebut pemerintah tengah berusaha untuk mencapai kekebalan komunal melalui vaksinasi ini.

“Jadi kalau 70 persen masyarakat Indonesia sudah divaksin, disuntik, nanti akan terjadi kekebalan komunal. Artinya apa? yang namanya Covid-19 mau datang bisa mental dan tidak menularkan lagi dari orang ke orang, dari warga ke warga bisa kita hentikan,” kata Jokowi melalui saluran Youtube Sekretariat Presiden, Kamis (25/3/2021).

Baca juga: Jogja Kaji Kemungkinan Belajar Tatap Muka Untuk SD dan SMP

Presiden menargetkan setidaknya vaksinasi bagi 181,5 juta penduduk Indonesia akan selesai pada akhir tahun ini. Namun begitu, target ini masih dalam proses panjang dan memerlukan waku.

Sementara itu, Jokowi juga mengapresiasi kinerja pada tenaga kesehatan dan vaksinator yang terlibat dalam program vaksinasi Covid-19 nasional. Dia mengucapkan terima kasih kepada kedua kelompok itu karena telah bekerja setiap hari melayani masyarakat.

“Kita berharap pandemi ini segera selesai dan ekonomi daerah, nasional, ekonomi provinsi bisa bangkit kembali dan kita bisa bekerja dalam kehidupan sehari-hari seperti biasanya,” ujarnya.

Baca juga: 7 Persen Orang Penolak Vaksinasi Akan Diedukasi

Hari ini, Presiden meninjau vaksinasi di tiga lokasi berbeda. Pagi tadi, Presiden meninjau vaksinasi bagi kalangan pekerja di Pelabuhan Yos Sudarso, Kota Ambon.

Kemudian Presiden memantau vaksinasi dan meresmikan rumah sakit umum pusat (RSUP) dr J Leimena, Ambon.

Setelah meresmikan rumah sakit tersebut, Presiden kemudian meninjau pelaksanaan vaksinasi massal bagi kalangan nelayan di Kabupaten Maluku Tengah. Jokowi turut melakukan dialog dengan para nelayan sekitar.

Sumber : Bisnis.com