Singgung soal Lurah, Amien Rais Diperingatkan Kubu Moeldoko

Amien Rais - Antara/Adeng Bustomi
15 Maret 2021 11:57 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Demokrat kubu Moeldoko angkat bicara terkait tudingan Amien Rais yang menyebut Moeldoko mendapat kerlingan dari 'Lurah' dalam upaya pengambilalihan Partai Demokrat.

Panitia Kongres Luar Biasa atau KLB Demokrat Deli Serdang Ilal Ferhard meminta Amien Rais tak asal melontarkan tudingan kepada Moeldoko. Dia mengatakan Amien Rais sebagai tokoh politik senior dan tokoh masyarakat seharusnya bersikap netral.

"Saya berharap Pak Amien Rais tidak asal bicara jangan asal bunyi, jangan asbun, cari data dulu yang benar jangan main tudang-tuding kepada Pak Lurah, kepada Pak Moeldoko dan pemerintah khususnya," kata Ilal Minggu (14/3/2021).

BACA JUGA : AHY Ajukan Gugatan, Demokrat versi KLB: Kami Tunggu!

Ilal mengatakan terpilihnya Moeldoko sebagai Ketua Umum Demokrat hasil KLB Deli Serdang tak berkaitan dengan pemerintah. Menurutnya, penggagas dan panitia lah yang meminta Kepala Staf Presiden (KSP) Moeldoko untuk hadir dan dicalonkan menjadi ketua umum.

Ilal pun beralasan ada dua calon ketua umum dalam KLB Deli Serdang itu, yakni Moeldoko dan Marzuki Alie, mantan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat yang juga merupakan kader Demokrat. Kata Ilal, landasan KLB Deli Serdang itu adalah Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) tahun 2001-2005.

Ilal juga meminta pendiri Partai Ummat itu untuk mempelajari terlebih dulu AD/ART Demokrat tahun 2020 hasil Kongres V yang menetapkan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai ketua umum.

Dia menuding ada pemalsuan data, hilangnya mukadimah partai, dan perubahan kewenangan Majelis Tinggi Partai dari Kongres V itu.

Ilal pun meminta Amien Rais lebih bijak dalam berpolitik. Dia menyarankan Amien membaca dan memahami AD/ART Demokrat hasil Kongres 2020 agar mengetahui alasan KLB.

BACA JUGA : Konflik Partai Demokrat: Mantan Pimpinan KPK Jadi Jadi Kuasa Hukum AHY

Ilal mengklaim, KLB Deli Serdang digelar untuk mencari figur pemimpin untuk menyelamatkan Demokrat. "Saya pikir Pak Amien Rais hati-hati bicara, jangan sampai nanti (kami) membawanya ke ranah hukum," ucap Ilal.

Amien sebelumnya menduga langkah Moeldoko terkait Demokrat mendapat restu dari Presiden Joko Widodo (Jokowi). Dia juga menyinggung sikap diam Presiden Jokowi hingga hari ini.

"Saya tidak yakin Moeldoko berani, seberani itu tanpa kerlingan atau kedipan dari lurah kita itu," kata Amien Rais dalam akun Youtube Amien Rais Official, Sabtu (13/3/2021).