Advertisement

Wapres Ma'ruf Amin Blak-Blakan Soal Pengembangan Industri Produk Halal

Oktaviano DB Hana
Rabu, 24 Februari 2021 - 08:27 WIB
Sunartono
Wapres Ma'ruf Amin Blak-Blakan Soal Pengembangan Industri Produk Halal Wakil Presiden Ma'ruf Amin. JIBI - Bisnis/Nancy Junita @najwashihab

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Wakil Presiden Ma'ruf Amin menegaskan pengembangan industri produk halal bertujuan untuk menggerakan industri domestik yang dapat menciptakan lapangan kerja.

Hal itu ditegaskan oleh wapres melalui akun Twitter resminya, @KH_MarufAmin, Selasa (23/2/2021) pukul 19.53 WIB. Menurutnya, pengembangan industri khusus itu bukan untuk hanya untuk produk halal sendiri.

Sebaliknya, pengembangan sektor itu diharapkan dapat menggerakan industri dalam negeri dan pada akhirnya memacu pertumbuhan ekonomi nasional.

PROMOTED:  Resmikan IKM di Umbulharjo, Dinas Perinkopukm Jogja Berharap IKM Naik Kelas

BACA JUGA : Analisis Kimia Berperan Penting dalam Verifikasi Produk Halal

"Pengembangan industri produk halal ini bukan semata-mata untuk produk halal itu sendiri, tapi bertujuan menggerakan industri domestik yang dapat menciptakan lapangan kerja dan mendorong perekonomian nasional," tulisnya melalui akun Twitter itu.

Oleh karena itu, Wapres mengatakan saat ini pengembangan industri produk halal menjadi salah satu prioritas dalam pemberdayaan ekonomi dan keuangan syariah di Indonesia.

Apalagi, Ma'ruf memerinci bahwa Indonesia memiliki potensi pasar yang besar dan masa depan yang cerah dalam pengembangan ekonomi dan keuangan syariah.

"Kita akan memasuki babak baru ekonomi dan keuangan syariah Indonesia," ujarnya.

Advertisement

Sebelumnya, Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menyatakan pengembangan industri halal akan menjadi salah satu fokus utama pada 2021. Adapun, Kemenperin telah menyiapkan satu direktorat khusus untuk pengemabngan industri tersebut tahun depan.

BACA JUGA : Sertifikasi Halal Bisa Perkuat Persaingan Produk di Pasar

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan pihaknya melihat akan ada peningkatan permintaan produk halal pada 2021.Peningkatan permintaan tersebut dinilai tidak hanya berasal dari negara mayoritas muslim.

Advertisement

"Saya sudah bertemu banyak sekali CEO perusahaan-perusahaan multinasional. Mereka mengatakan bahwa dunia sudah mulai mencari produk-produk halal untuk mereka konsumsi," katanya dalam Konferensi Pers Akhir 2020, Senin (28/12/2020). 

Untuk menindaklanjuti hal itu, Agus menyampaikan pihaknya telah membentuk direktorat baru yang akan berurusan khusus industri halal. "Jujur saja, kita agak tertinggal dengan beberapa negara lain di dunia terkait industri halal."

BACA JUGA : Belum Semua Pengusaha Pemotongan Unggas Miliki

Selain membuat direktori baru, Agus menyatakan pihaknya juga akan memulai ajang penghargaan untuk pelaku industri halal pada 2021. Menurutnya, ajang penghargaan tersebut dapat memacu pelaku industri halal untuk menunjukkan potensi industri halal nasional. 

Advertisement

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement

alt

Baru Kenalan dengan Pacar lewat Aplikasi Jodoh, Gadis di Bantul Kehilangan Motor

Bantul
| Selasa, 04 Oktober 2022, 20:07 WIB

Advertisement

alt

Rasakan Sensasi Makan Nasgor Bercitarasa Tengkleng ala Grage Ramayana Hotel

Wisata
| Senin, 03 Oktober 2022, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement