Advertisement

Mendes Abdul Halim Sebut Dana Desa Jadi Faktor Menahan Kemiskinan

Jaffry Prabu Prakoso
Selasa, 16 Februari 2021 - 20:57 WIB
Budi Cahyana
Mendes Abdul Halim Sebut Dana Desa Jadi Faktor Menahan Kemiskinan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Abdul Halim Iskandar. - KDPDT

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar mengatakan tingkat pengangguran terbuka (TPT) dan kemiskinan di desa lebih rendah daripada di kota.

“Dengan demikian berdasarkan pengalaman, PKTD [padat karya tunai desa] dan BLT [bantuan langsung tunai] dana desa menjadi salah satu faktor penting di dalam menahan kemiskinan di desa dan menahan jumlah tingkat pengangguran,” katanya melalui konferensi pers virtual, Selasa (16/2/2021).

Advertisement

Abdul menjelaskan bahwa selama pandemi Covid-19 kemiskinan dan pengangguran di desa bisa ditekan selama pandemi Covid-19. Mengacu pada data Badan Pusat Statistik (BPS), peningkatan TPT di desa hanya 0,79 persen.

Angka ini jauh dari TPT di kota sebesar 69 persen. Dilihat dari jumlahnya, TPT di desa bertambah 606.121 jiwa dan kota 2.063.879 jiwa.

Begitu pula dengan kemiskinan. Di kota naik 0,5 persen sedangkan desa 0,38 persen. Dilihat dari jumlahnya, warga miskin kota bertambah 880.000 sementara desa 250.000 jiwa.

“Artinya dalam kondisi Covid-19 itu, efektif sekali dana desa,” jelasnya.

Dana desa terang Abdul berfungsi untuk dua hal, yaitu untuk ekonomi dengan program BLT dan PKTD serta untuk penanganan Covid-19.

“Penanganan Covid-19 ini PPKM [pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat] dan desa lawan Covid-19,” terangnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Hendak Mengambil Ponsel, Warga Sleman Malah Kecemplung Sumur

Sleman
| Jum'at, 26 April 2024, 09:07 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement