Jadi Calon Tunggal Kapolri, Komjen Listyo Mohon Doa untuk Uji Kelayakan

Kabareskrim Polri Komjen Pol. Listyo Sigit Prabowo. - Antara
14 Januari 2021 10:47 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Pekan depan, Kabareskrim Polri Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo akan menjalani rangkaian uji kelayakan dan kepatutan di DPR RI. Ia pun memohon doa dan dukungan dari masyarakat agar dapat berjalan lancar.

Hal itu disampaikan Listyo usai ditunjuk Presiden Joko Widodo atau Jokowi untuk menjadi calon tunggal kapolri.

"Terima kasih atas dukungan dan support-nya, mohon doanya agar bisa melaksanakan rangkaian fit and proper test dengan baik," tutur Komjen Sigit saat dihubungi di Jakarta, Rabu (13/1/2021).

Jokowi telah mengajukan nama Listyo Sigit Prabowo ke DPR RI sebagai calon tunggal kapolri.

Baca juga: Keluyuran di Kafe Usai Disuntik Vaksin Covid-19, Raffi Ahmad Dikritik Netizen

"Surpres telah kami terima yang mana Bapak Presiden mengajukan usulan pejabat Kapolri yang akan datang dengan nama tunggal yaitu Bapak Listyo Sigit Prabowo yang saat ini menjabat Kabareskrim di Polri," kata Ketua DPR RI Puan Maharani.

Surpres tersebut bernomor: R-02/Pres/01/2021 dan disampaikan Menteri Sekretaris Negara Pratikno di Gedung Parlemen, Jakarta, Rabu.

Ketua Komisi III DPR RI Herman Hery mengatakan, rapat internal Komisi III DPR RI pada Rabu (13/1/2021), telah memutuskan jadwal uji kelayakan dan kepatutan calon Kapolri Komjen Sigit akan dilaksanakan pada Selasa (19/1/2021) setelah sebelumnya diawali dengan ujian pembuatan makalah pada Senin (18/1/2021).

"Hari Senin (18/1/2021), calon kapolri akan diundang ke Komisi III DPR untuk membuat makalah selama 1-2 jam, lalu hari Selasa (19/1/2021) dilakukan uji kelayakan dan kepatutan," tutur Herman.

Dari hasil rapat internal Komisi III sejauh ini, mayoritas anggota komisi yang membidangi hukum, HAM dan keamanan itu berharap Listyo melakukan berbagai terobosan bagi Kepolisian.

Baca juga: Rizieq Shihab Kalah Praperadilan, Ini Komentar Kuasa Hukum

Namun, dia menilai harapan-harapan tersebut tergantung pada hasil uji kelayakan dan kepatutan pada pekan depan, karena dalam uji kelayakan bisa terlihat komitmen Listyo dalam memimpin Kepolisian.

 

Sumber : Antara