Presiden Jokowi: Meluruskan Hoaks Seperti Mengumpulkan Beling-Beling dari Cawan Pecah

Presiden Joko Widodo dalam Ratas Laporan Komite Penanganan Covid/19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional di Istana Merdeka, Jakarta, Senin 23 November 2020 / Youtube Setpres
19 Desember 2020 10:47 WIB Nina Atmasari News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo atau Jokowi memaparkan tentang hasil kerjanya untuk konektivitas infrastruktur yang dibangun selama periode pemerintahannya. Paparan itu ia tulis dalam unggahan di akun instagramnya Sabtu (19/12/2020).

Jokowi pun tak lupa menyapa para pengikutnya dengan sapaan Selamat Pagi. Mantan Wali Kota Surakarta tersebut menuturkan dalam enam tahun terakhir ini, pemerintah terus membangun infrastruktur penghubung antardaerah. Bukan hanya berupa jalan tol, jalur kereta api, jalur penerbangan, dan tol laut saja, tetapi juga konektivitas digital yang menjangkau seluruh wilayah Indonesia.

Infrastruktur digital tersebut tidak hanya untuk mengintegrasikan ekonomi nasional, mempermudah dan mempermurah arus logistik, serta meningkatkan ekonomi digital dan e-commerce semata.

"Lebih dari itu, infrastruktur untuk meningkatkan konektivitas budaya, gagasan, dan semangat sebagai sebuah bangsa besar, serta untuk semakin memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia," ujarnya, dalam akun Instagram @jokowi yang dikutip Sabtu (19/12/2020).

Dia melanjutkan, konektivitas fisik dan digital juga bisa dimanfaatkan untuk berbagi pengalaman dalam membangun daerah dan desa, mengingat ada 75.000 desa, 514 kabupaten/kota, yang tersebar di 34 provinsi.

Unggahan tersebut hingga kini telah menuai lebih dari 500 komentar. Banyak warganet yang menanggapi positif seperti akun anggibaharihuami yang menyatakan Alhamdullah teruslah jadi Presiden kita pak. Kita bangga Indonesia semakin maju.

Namun, ada yang justru menanyakan anggota keluarga presiden yang lainnya. Seperti yang dilakukan pemilik akun lietaph kangen dengan anak Jokowi Kaesang dan cucu Presiden Jan Ethes hingga Ibu Negara.

Lebih lanjut, Jokowi juga menjelaskan pembangunan infrastruktur terus dilakukan. "Kita terus membangun infrastruktur digital yang lengkap dan menjangkau seluruh wilayah Indonesia. Mari memanfaatkan infrastruktur tersebut untuk hal-hal yang positif. Mengisinya dengan penuh tanggung jawab, termasuk mengisi pemberitaan di media sosial dengan keteduhan dan kesejukan." tulisnya.

Sebagai penutup, presiden mengajak warga untuk menyebarkan berita benar, dan tidak menyebarkan hoaks.

"Kita juga harus mengklarifikasi berita-berita yang tidak benar, berita-berita hoaks, dan menutup banyaknya ujaran-ujaran kebencian. Mari saling menghormati dan menghargai sesama anak bangsa, sebagai saudara sebangsa dan setanah air.
Seperti yang pernah saya ingatkan, bahwa meluruskan berita hoaks seperti mengumpulkan kembali beling-beling dari cawan yang pecah. Takkan kembali utuh. Karena itu, sekali lagi, berhati-hatilah menebar berita yang belum pasti benar," tutupnya.

Sumber : Bisnis.com