Advertisement

Pengajian Akbar Kanzus Sholawat Habib Lutfi di Pekalongan Diundur

Imam Yuda Saputra
Rabu, 18 November 2020 - 14:07 WIB
Budi Cahyana
Pengajian Akbar Kanzus Sholawat Habib Lutfi di Pekalongan Diundur Habib Luthfi berbincang dengan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. - Istimewa/Humas Pemprov Jateng

Advertisement

Harianjogja.com, PEKALONGAN—Pengajian akbar memperingati Maulid Nabi Kanzus Sholawat Habib Lutfi di Kota Pekalongan, Jawa Tengah (Jateng) dipastikan diundur.

Hal tersebut disampaikan Habib Lutfi di Gedung Kanzus Sholawat, Jl. Dokter Wahidin, Noyotaan, Pekalongan Timur, Selasa (17/11/2020) malam.

Advertisement

BACA JUGA: Pemerintah Bakal Salurkan BLT Rp1,8 Juta untuk Guru Honorer, Ini 5 Syaratnya

Pengajian akbar tersebut rencana digelar Minggu (22/11/2020) nanti. Namun karena berbagai pertimbangan acara tersebut ditunda pelaksanaannya hingga batas waktu yang belum ditentukan. "Maulid di Kanzus Sholawat diundur, sampai pemberitahuan lebih lanjut," ujar Habib Luthfi.

Habib Lutfi mengaku keputusan menunda peringatan Maulid Nabi itu murni atas inisiatif pribadi dan tanpa tekanan dari pihak manapun. "Saya atas nama pribadi, dengan penuh pertimbangan, tidak ada tekanan dari pihak mana pun," ujarnya.

Habib Lutfi juga mengucapkan permintaan maaf kepada pengikutnya karena acara itu belum bisa digelar sesuai jadwal. "Mohon maaf sebesar-besarnya atas mundurnya jadwal," terang ulama itu.

BACA JUGA: Bocah 9 Tahun di Imogiri Jadi Korban Pencabulan Saat Mandi di Sendang

Sementara itu, Pemerintah Kota atau Pemkot Pekalongan sebelumnya menyarankan acara tersebut digelar secara virtual. Sekda Kota Pekalongan, Sri Ruminingsih, mengatakan pengalaman pelaksanaan Maulid Nabi di Kota Pekalongan didatangi banyak orang.

"Hal itu membuat kami dilema prihal pemberian izin," ujarnya.

Mendagri juga mengeluarkan instruksi untuk seluruh jajaran pemerintahan agar menjalankan protokol kesehatan.  "Harapan kami Covid-19 segera berakhir, dan masyarakat menaati protokol kesehatan. Terkait ijin saya tidak bisa memutuskan sendiri, jadi perlu pihak Polri dan TNI," kata Sri.

Dandim 0710 Pekalongan, Letkol CZI Hamonangan Lumban Toruan mengatakan sistem pengajian akbar bisa diubah tanpa hatus didatangi massa.

"Jika biasanya digelar secara langsung, karena kondisi pandemi bisa digelar secara virtual," imbuhnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Solopos

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Cegah Kecurangan Pengisian BBM, Polres Kulonprogo Cek SPBU

Kulonprogo
| Jum'at, 29 Maret 2024, 14:37 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement