Advertisement

Percaya Mitos Lari Saat Gunung Meletus, Warga Lereng Merapi Tak Mau Sembarangan Mengungsi

Bayu Jatmiko Adi
Minggu, 15 November 2020 - 15:57 WIB
Budi Cahyana
Percaya Mitos Lari Saat Gunung Meletus, Warga Lereng Merapi Tak Mau Sembarangan Mengungsi Kubah lava Gunung Merapi terlihat dari Dam Sabo Kali Gendol, Bronggang, Cangkringan, Sleman, Minggu (12/4/2020). - Antara/Hendra Nurdiyansyah

Advertisement

Harianjogja.com, BOYOLALI—Sejumlah warga yang berada di Kawasan Rawan Bencana (III) erupsi Merapi di Desa Jrakah, Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, masih percaya dengan mitos dan nasihat orang tua sehingga tak mau sembarangan mengungsi.

Sosialisasi mengenai aktivitas Gunung Merapi pun terus disampaikan kepada masyarakat Desa Jrakah.

Advertisement

BACA JUGA: BPBD: Pencari Rumput di Lereng Merapi Harus Waspada!

Kepala Desa Jrakah, Tumar, mengatakan sosialisasi melibatkan Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTK danitu menyasar warga dan tokoh masyarakat yang berada di KRB III Desa Jrakah.

"Sebab untuk Jrakah sampai hari ini belum ada yang mau ditempatkan di TPPS (tempat penampungan pengungsi sementara)," kata dia kepada wartawan, Sabtu (14/11/2020).

Saat ini Pemerintah Desa Jrakah sudah menyiapkan TPPS di kompleks Balai Desa Jrakah. Menurutnya, warga di desa tersebut masih berpegang pada nasihat-nasihat orang tua maupun mitos.

BACA JUGA: Rizieq Sebut Lonte, Nikita Mirzani: Masuk Akal Keturunan Rasulullah SAW Begitu?

"Kalau ada gunung meletus tidak boleh lari ke barat atau selatan. Jadi mereka pakai mitos lari ke utara atau timur. Kami juga menfasilitasi, ketika ada pengungsian besar, warga mengungsi ke utara ke Dusun Jarak, lalu bisa diangkut langsung ke Karanggeneng, Kecamatan Boyolali, sebagai sister village," kata dia.

Tumar mengatakan sejauh ini sudah melakukan koordinasi dengan pemerintah Desa Karanggeneng mengenai kesiapan program sister village tersebut.

Lokasi yang masuk KRB III berdasarkan rekomendasi Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) adalah Dusun Sepi dan Jarak.

BACA JUGA: Hujan Disertai Angin Kencang Bikin Pepohonan di Bantul Tumbang

Namun menurut Tumar, Kepala Dusun Kajor, sebagian Tosari dan Jrakah juga masuk di dalamnya. Sebab wilayah tersebut berdekatan dengan bantaran Kali Apu. Desa Jrakah dihuni sekitar 4.400 jiwa. Sementara, penduduk di KRB III ada sekitar 2.000.

Staf Ahli Geologi BPPTKG, Dewi Sri Sayudi, mengatakan dalam sosialisasi pada Sabtu lalu, dia menyampaikan mengenai kondisi aktivitas Gunung Merapi kepada warga dan tokoh masyarakat yang hadir. "Sampai hari ini aktivitas Merapi baik seismisitasnya dan deformasi terus meningkat. Deformasi hari ini sekitar sudah mencapai 12 sentimeter hingga 13 sentimeter per hari," kata dia saat ditemui wartawan di Balai Desa Jrakah, Sabtu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Solopos

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Imsak dan Buka Puasa Wilayah Jogja dan Sekitarnya, Jumat 29 Maret 2024

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 02:17 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement