Studi: Jika 75% Penduduk Memakai Masker, Penularan Covid-19 Turun Drastis

Ingat Pesan Ibu, Jangan Lupa Pakai Masker. - Harian Jogja/Dok
15 Oktober 2020 15:27 WIB Muhammad Khadafi News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Hasil studi terbaru di Amerika Serikat menunjukan pemakaian masker oleh 75% penduduk dapat menekan penularan virus Corona secara drastis. Masker dapat melindungi diri dari droplet orang lain dan mencegah droplet kita menyebar.

“Kami mohon saudara-saudara sekalian bisa disiplin menerapkan penggunaan masker. Paling tidak mayortas masyarakat menggunakan masker secara tertib. Ini menjadi target kita bersama,” kata Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito beberapa waktu lalu.

Dalam studi yang dilakukan Steffen E. Eikenberry bersama rekannya, penggunaan masker kain oleh 80% populasi akan mengurangi 34% hingga 58% penambahan kasus kematian.

Sementara, Hakan Yilmazkuday mengatakan bahwa penggunaan masker minimal oleh 75% populasi untuk menurunkan angka kasus dan kematian.

Pemerintah tengah gencar meningkatkan kedisiplinan penggunaan masker. Menurut Presiden Joko Widodo (Jokowi), masker, cuci tangan dengan sabun, dan menjaga jarak menjadi satu-satunya mencegah penularan sebelum ada vaksin.

Namun dalam catatan Presiden, masih banyak pekerjaan rumah terkait penggunaan masker oleh masyarakat di tempat umum.

"Kunci paling penting adalah pemakaian masker. Tolong ini betul-betul segera yang berkaitan dengan ajakan memakai masker dan pelaksanaannya bisa dipercepat, karena ini juga akan memperkuat kepercayaan dari masyarakat dan dunia usaha terkait cara-cara penanganan yang dilakukan," ujarnya.

Pemerintah menyiapkan kampanye untuk menekan laju penularan virus Corona, termasuk di antaranya mengajak masyarakat disiplin memakai masker dengan benar.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia