Advertisement

Cegah Ledakan Kasus Covid-19 Saat Libur Panjang, Harus Disiplin 3M!

Ropesta Sitorus
Selasa, 29 Desember 2020 - 20:37 WIB
Bhekti Suryani
Cegah Ledakan Kasus Covid-19 Saat Libur Panjang, Harus Disiplin 3M! Ingat pesan ibu, cuci tangan dengan sabun. - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA – Libur panjang di momen Natal dan Tahun Baru diperkirakan akan kembali membuat jumlah kasus Covid-19 meningkat pesat. Apa yang dilakukan pemerintah untuk mengantisipasi ledakan kasus baru?

Wiku Adisasmito, Koordinator Tim Pakar dan Juru Bicara Pemerintah Untuk Penanganan Covid-19, mengakui adanya kemungkinan peningkatan kasus Covid-19 usai libur akhir tahun.

Advertisement

Namun, dia mengatakan pemerintah terus mengamati perkembangan jumlah kasus di tiap daerah secara real time dari waktu ke waktu.

“Jadi tingkat kewaspadaannya sangat tinggi. Apabila ada indikasi peningkatan kasus di daerah tertentu, kita langsung sampaikan dan minta ada tindakan segera dari Satgas Covid-19 di daerah. Apabila Satgas daerah bisa tangani, kita monitor. Kalau tidak bisa, kita bantu,” katanya dalam talkshow bertajuk “Membedah Regulasi Larangan Masuk Bagi Warga Asing”, Selasa (29/12/2020).

Selain itu, untuk mengantisipasi ledakan kasus pemerintah juga membuat surat edaran untuk memperketat orang bepergian, berupa syarat rapid test antigen. Terkait mobilitas dan pembatasan kunjungan luar negeri, pemerintah mengeluarkan regulasi baru yang menutup pintu baru warga negara asing masuk ke Indonesia hingga 14 Januari 2020.

“Apakah kita bisa kendalikan? Hanya wktu yang bisa membuktikan, tapi kami semua bekerja keras dan kami mohon agar seluruh masyarakat juga memahami kondisi ini karena ini dihadapi oleh seluruh dunia,” katanya.

Lebih lanjut, Wiku juga menegaskan penerapan protokol kesehatan 3M yakni memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan, harus dilakukan secara disiplin untuk mencegah penularan kasus baru.

“Penerapan protokol kesehatan secara disiplin adalah satu-satunya kunci yang kita miliki untuk menghindari terjadinya leadakan. Kalau sampai ada peningkatan kasus, mungkin dalam menjalankan protokol kesehatan kita belum maksimal.”

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitangandengansabun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Sopir Ngantuk, Dua Mobil Adu Banteng di Jalan Jogja-Wonosari hingga Ringsek

Gunungkidul
| Selasa, 19 Maret 2024, 07:57 WIB

Advertisement

alt

Ribuan Wisatawan Saksikan Pawai Ogoh-Ogoh Rangkaian Hari Raya Nyepi d Badung Bali

Wisata
| Senin, 11 Maret 2024, 06:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement